Ratusan Anak Ikuti Lomba Polisi Cilik

Dilihat 2590 kali
Ratusan anak mengikuti lomba Polisi Cilik (Pocil) 2018 yang diselenggarakan Polres Magelang, Minggu (25/03)

BERITAMAGELANG.ID - Ratusan anak padati atrium Artos Mall Magelang, Minggu (25/03) pagi. Mereka tampak antusias mengikuti lomba Polisi Cilik (Pocil) 2018 yang diselenggarakan Polres Magelang. Lomba ini digelar untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan mengenai lalu lintas kepada anak-anak. 


"Penanaman karakter sejak dini kepada anak-anak sangatlah penting. Kendati demikian, penanaman karakter sendiri memang tidak mudah dan perlu adanya peran serta yang sangat besar dari orang tua," ujar Kapolres Magelang, AKBP Hari Purnomo, saat memberikan sambutan pada giat lomba Pocil 2018.


Pada lomba Pocil tahun ini, lanjut Hari, terdapat 17 Sekolah Dasar dari wilayah Kabupaten Magelang yang ikut serta dalam lomba tersebut.


"Kita akan memberikan kesempatan kepada adik-adik kita untuk berkreasi, berinovasi, dan menampilkan yang terbaik dalam lomba Polisi Cilik ini," kata Hari.


Beberapa sekolah yang ikut dalam lomba Pocil tersebut diantaranya adalah SDN Donorejo Mertoyudan, SDN 2 Banyubiru Dukun, SD Muhammadiyah Gunung Pring, SDN Payaman 1, dan SDN Pucang.


Pjs Bupati Magelang, Tavip Supriyanto, yang turut menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan Pocil yang telah dilaksanakan oleh Polres Magelang.


"Kami selaku Pemerintah Kabupaten Magelang tentunya juga berharap melalui kegiatan ini dapat menciptakan generasi-generasi emas di masa mendatang," harap Tavip.


Sedangkan Kasubit Dikyasa Dirlantas Polda Jateng, AKBP Indra Kurniawan M, saat membuka lomba Pocil 2018 menjelaskan, salah satu tujuan diadakannya lomba Pocil tersebut adalah memperkenalkan kepada anak-anak mengenai tugas-tugas Polisi, sehingga menghilangkan stigma bahwa Polisi itu menakutkan.


"Jadi stigma menakutkan terhadap Polisi ini nantinya (diharapkan) tidak ada lagi. Dan lomba ini akan dilanjutkan ke jenjang Provinsi, dan juga nasional. Untuk Magelang sendiri, nantinya akan dipilih satu sekolah yang terbaik untuk maju ke tingkat provinsi," terang Indra.


Aspek yang dinilai dari masing-masing sekolah adalah baris-berbaris, kekompakan tim, kedisiplinan, dan juga diadakan pemilihan pemimpin terbaik dari masing-masing tim atau sekolah. 


Setelah melalui proses penjurian, kategori "Pemimpin Regu Terbaik" Juara 1 diraih SDN 1 Grabag Tim 1, Juara 2 SD IT Al Ma'ruf Tegalrejo dan Juara 3 SDN Banjarsari Windusari.


Sementara Kategori "PBB" Juara 1 diraih SDN Grabag Tim 1, Juara 2 SDN 1 Muntilan dan Juara 3 SDN 1 Grabag Tim 2.


Kategori "PBB Variasi" Juara 1 diraih SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan, Juara 2 MI Paremono Mungkid dan Juara 3 SDN Banyubiru 2 Dukun


Sedangkan Piala Bergilir diperoleh SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar