Ribuan Bibit Pohon Selamatkan Lahan Kritis

Dilihat 1608 kali
Brigjend TNI Maruli Simanjuntak, bagikan alat tulis kepada siswa dalam kegiatan Optimalisasi Lahan Kritis dan Pencanangan Rintisan Desa Wisata Berbasis Lingkungan di Dusun Puluhan Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Jawa Tengah

BERITAMAGELANG.ID - Mantan Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro, Brigadir Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, hadir dalam acara Optimalisasi Lahan Kritis dan Pencanangan Rintisan Desa Wisata Berbasis Lingkungan yang dilaksanakan di Dusun Puluhan Desa Ketep Kecamatan Sawangan, Kamis (13/12).

Pasukan berpakaian adat Jawa atau yang disebut Bergodho Manggala Karyo menyambut Brigadir Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Di hadapan ribuan warga Desa Ketep, Brigjen TNI Maruli Simanjuntak mengungkapkan rasa terima kasih pada masyarakat yang hadir.

Mantan Kasdam IV/Diponegoro itu mengungkapkan kegiatan optimalisasi lahan kritis dimaksudkan agar lahan yang ada dapat memberikan manfaat bagi warga masyarakat sekitar. Kegiatan tersebut merupakan contoh agar bisa dilanjutkan oleh aparat kewilayahan.

"Mudah mudahan ini dapat memotivasi Dandim dalam memecahkan permasalahan ekonomi di wilayahnya, sehingga warga dapat bicara dengan warga masyarakat binaannya secara berjenjang," ungkap Brigadir Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Selain itu menurut Brigjen TNI Maruli, pembangunan harusnya dimulai dari desa karena apabila desa bisa terbangun maka negara pasti akan terbangun pula.

Pada kesempatan itu, seluruh tamu undangan juga turut menanam pohon berbaur dengan TNI, warga, dan siswa Candle Tree.

Lebih lanjut Jenderal berbintang satu tersebut berharap agar masyarakat Desa Ketep bisa swasembada dalam bidang pangan.

"Jadi saya berharap, warga di sini tidak usah beli makanan dan sayuran di kota," pungkas Brigjen Maruli yang akan menjabat sebagai Danpaspampres.

Bupati diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Magelang Drs. Endra Endah Wacana, menyampaikan, kegiatan tersebut adalah suatu kesempatan yang sangat langka dan bersejarah karena desa ini dihadiri oleh dua petinggi TNI.

"Kami selaku Bupati menyampaikan terima kasih kepada beliau telah memberikan perhatian kenyamanan khususnya masyarakat Magelang, selamat bertugas menjadi komandan Paspampres bagi Brigjen TNI Marlui Simanjuntak.

Kami berharap pohon yang nanti akan ditanam agar dipelihara dirawat oleh masyarakat sekitar, dan jalan yang dibuka juga semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat desa Ketep," harap Endra.

Selain penanaman pohon buah juga dilaksanakan pembagian paket buku kepada anak-anak SD di Dusun Puluhan.

Tak luput pula kelompok kesenian jathilan turut menghibur TNI, warga dan siswa SMA Candle Tree Tangerang usai penanaman pohon.

Selain Brigjen TNI Maruli Simanjuntak, kegiatan optimalisasi lahan kritis tersebut juga dihadiri oleh Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI M Zamroni, Dandim 0705/Magelang, Forkopimda Kabupaten Magelang dan masyarakat Desa Ketep.

Jenis dan jumlah bibit pohon yang ditanam meliputi Pohon Alpukat 100 buah, Pohon Kopi robusta 150, Pohon Jeruk nipis 400, Pohon Jeruk Kepruk Siam 150, Pohon Jambu Kristal 350, Pohon Klengkeng 150, totalnya 1.300 bibit. Serta Pembuatan infrastruktur jalan sepanjang 2,3 km.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar