Tanah Tebing Longsor, Akses Jalan Lumpuh

Dilihat 1599 kali
TANAH LONGSOR - Tanah longsor menutup akses penghubung Desa Mangli dan Kacetan Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Kamis (08/03)

BERITAMAGELANG.ID - Jalan penghubung Desa Mangli dan Kacetan, Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang Jawa Tengah terputus akibat tertutup material longsor paska hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak siang hingga Rabu (07/03) malam.


"Tanah tebing yang longsor terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, setelah hujan terus menerus mengguyur wilayah Sumbing pada Rabu siang hingga menjelang dini hari," jelas salah satu warga Desa Mangli, Prasetyo.


Lokasi jalan yang tertimbun longsor berada di wilayah Desa Mangli, merupakan akses penghubung ke Desa Kacetan maupun ke desa lainnya.


"Aktifitas warga sempat lumpuh akibat material tebing yang longsor tersebut menutup seluruh badan jalan sepanjang 8 meter dengan ketebalan antara 10 cm hingga 1 meter," lanjut Prasetyo.


Salah satu personil Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Magelang yang berada di lokasi longsor, Urip Sugito (50 th) atau Mbah Bondet mengungkapkan, upaya pembersihan material longsor langsung dilakukan menggunakan peralatan seadanya oleh warga dibantu relawan Lereng Gunung Sumbing, Kamis (08/03) pagi. 


"Dengan bergotong-royong sekitar pukul 10.00 WIB material longsoran bisa dibersihkan, aktifitas warga kembali normal melewati jalan tersebut," jelas Urip.


Tebing yang longsor merupakan talud lahan pertanian milik warga yang berada tepat di sisi bahu jalan dengan kemiringan yang lumayan terjal, saat hujan deras kondisi tanah menjadi labil dan rawan longsor.


"Tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun warga tetap harus berhati-hati saat melintas sekitar jalan itu karena kondisi jalan masih licin akibat sisa sebagian lumpur yang bercampur air," tutup Urip.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar