Tambah Tiga Positif Covid-19, Enam Sembuh

Dilihat 2884 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Minggu (30/8/2020) bertambah tiga orang. Mereka berasal dari Kecamatan Dukun, Bandongan dan Secang. Meski demikian, hari ini juga ada enam pasien positif yang dinyatakan sembuh setelah hasil swabnya negatif. Tiga diantaranya warga Kecamatan Mertoyudan, dan masing-masing satu orang dari Kecamatan Kajoran, Salam dan Mungkid.


"Tiga tambahan positif itu, semuanya berjenis kelamin laki-laki. Terdiri dari usia 20 tahun, warga Kecamatan Dukun. Sebelumnya, ia melakukan perjalanan dari Jakarta. Kemudian, warga Secang usia 36 tahun. Sebelumnya, ia melakukan perjalanan dari Demak. Terakhir, warga Bandongan. Sebelumnya ia bepergian dari Kalimantan. Untuk saat ini, ketiganya memilih melakukan isolasi mandiri. Dengan tambahan baru dan sembuh itu, jumlah akumulasi pasien positif menjadi 261 orang. Rinciannya, 12 dirawat, 38 isolasi mandiri, 202 sembuh dan sembilan meninggal dunia," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara berdasarkan sebaran tingkat kecamatan di wilayah ini, lanjutnya, paling banyak pasien positif terdapat di Kecamatan Tegalrejo sebanyak 19 orang. Kemudian Kecamatan Mertoyudan, ada 11 orang, Salaman (6) dan masing-masing dua orang dari Kecamatan Windusari, Mungkid dan Kaliangkrik. "Selanjutnya, Kecamatan Borobudur, Kajoran, Muntilan, Sawangan, Grabag, Dukun, Secang dan Kecamatan Bandongan, masing-masing satu pasien," lanjutnya.


Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), lanjut Nanda, hari ini tidak ada (zero) penambahan baru. "Untuk PDP, jumlah akumulasinya tetap seperti kemarin yakni 451 orang. Rinciannya, 11 dirawat, 384 sembuh dan 56 meninggal. Sedang untuk orang dalam pemantauan (ODP), hari ini ada satu yang lolos pantau. Hanya saja, ada tambahan satu ODP baru," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar