Tambah Empat Positif, Salah Satunya Merupakan Alih Status Dari PDP

Dilihat 1609 kali
Rumah Sakit Merah Putih Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Tiga warga Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 Kamis (3/9/2020). Satu lagi warga Salaman yang merupakan alih status dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dengan tambahan empat ini, jumlah kumulatif pasien positif menjadi 278 orang. Terdiri dari 19 dirawat dirumah sakit, 12 menjalani isolasi mandiri, 238 sembuh dan sembilan meninggal.


"Empat tambahan pasien positif itu, terdiri dari laki-laki umur 65 tahun warga Mertoyudan. Sebelumnya ia kontak erat dengan pasien positif di Kota Magelang. Kemudian, satu lagi laki-laki usia 70 tahun, warga Salaman. Belum diketahui riwayat terpaparnya, namun berdasarkan hasil swab tanggal 3 September ia positif. Sedang dua yang lain, adalah perempuan usia 50 dan 26 tahun. Keduanya juga belum diketahui riwayatnya, namun kedua didasarkan hasil swab tertanggal 3 September, semua positif," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara hingga saat ini, kata Nanda, ada 15 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 11 orang. Kemudian Borobudur dengan tiga pasien. Untuk Kecamatan Salaman, Muntilan, Grabag, dan Secang, masing-masing dua pasien. "Sedang Kecamatan Kajoran, Windusari, Mungkid, Sawangan, Tempuran, Ngablak, Dukun, Pakis dan Bandongan, masing-masing ada satu pasien positif," lanjutnya.


Untuk PDP, hari ini hanya bertambah satu orang warga Kecamatan Ngluwar. "Hari ini juga ada satu pasien alih status dari PDP menjadi pasien terkonfirmasi positif, warga Kecamatan Salaman. Dengan tambahan satu dan seorang alih status itu, jumlah akumulasi PDP hingga saat ini, menjadi 463 orang. Rinciannya, 10 dirawat, 396 sembuh dan 57 meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), sejak dua hari kemarin, sudah tidak ada yang dalam pemantauan," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar