Tambah 6 Positif, Dua Klaster Pasar Rejowinangun

Dilihat 3861 kali
Konferensi pers satuan tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Jumat (2/10/2020) bertambah enam orang. Lima diantaranya Kecamatan Candimulyo dan satu orang dari Mertoyudan. Meski demikian, saat ini ada tiga pasien positif yang sembuh. Dua diantaranya dari Mertoyudan dan seorang dari Bandongan. 


"Tambahan enam positif saat ini, terdiri dari empat perempuan dan dua laki-laki. Meliputi, perempuan usia 27 tahun dari Mertoyudan yang merupakan pelaku perjalanan. Kemudian dua orang asal Candimulyo, hasil tracing kontak erat dari acara takjiah (layatan), yakni perempuan usia 45 dan laki-laki usia 27 tahun. Selanjutnya, dua orang perempuan usia 30 dan 70 tahun, hasil pengembangan dari klaster Pasar Rejowinangun. Terakhir perempuan usia 45 tahun, hasil swab masif. Dengan enam penambahan baru dan tiga sembuh itu, jumlah kumulatif kini menjadi 586 orang. Terdiri dari 36 orang dirawat di rumah sakit, 103 menjalani isolasi mandiri, 431 sembuh dan 16 meninggal," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara peta sebaran pasien positif di wilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 17 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 29 orang. Kemudian Kecamatan Tempuran dan Secang, dengan 17 dan 13 orang. Untuk Tegalrejo dan Salam, masing-masing ada 12 orang. Disusul Kecamatan Salaman dan Mungkid, masing-masing ada 10 orang. "Kecamatan Candimulyo ada tujuh orang disusul Bandongan dan Grabag, masing-masing ada enam orang. Untuk Muntilan ada empat orang dan untuk Borobudur, Windusari serta Sawangan, masing-masing ada tiga orang. Kemudian di Kajoran ada dua dan Dukun dan Ngluwar, ada satu orang," sebutnya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada dua tambahan baru. Mereka dari Kecamatan Muntilan dan Grabag. Kemudian ada satu PDP yang alih status menjadi konfirmasi positif, berasal dari Mertoyudan. Meski demikian, ada saat ini ada delapan PDP sembuh, berasal dari Salaman, Mertoyudan, Borobudur, Mungkid, Salam, Tegalrejo, Grabag dan Secang. "Dengan tambahan dua baru, satu alih status ke positif dan delapan sembuh itu, jumlah kumulatif PDP saat ini menjadi 556 orang. Rinciannya, 6 dirawat dirumah sakit, 488 sembuh dan 62 meninggal," lanjutnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar