Sambut Fenomena Supermoon, Masjid An-Nuur Mungkid Gelar Shalat Gerhana

Dilihat 995 kali
Jamaah Masjid Agung An-Nuur akan menjadi saksi fenomena langka nan cantik, gerhana bulan total / Supermoon besok (31/01) malam

beritamagelang.id - Indonesia akan mengalami fenomena langka nan menarik jutaan pasang mata. Gerhana Bulan Total (GBT) yang populer disebut Super Blue Blood Moon atau Supermoon akan terjadi besok (31/01) malam. Sebagian besar wilayah Indonesia akan bisa menyaksikan momen spesial ini. Sambut fenomena unik ini, Takmir Masjid Agung An-Nuur Kota Mungkid, Magelang akan mengadakan shalat gerhana bersama.

Masyarakat dapat mengamati puncak Gerhana Bulan Total ini pada pukul 20:29,8 WIB; 21:29,8 WITA; dan 22:29,8 WIT.

Bendahara Takmir Masjid Agung An-Nuur, Sutrisno mengatakan, acara besok akan dibagi dalam tiga sesi.
''Yang pertama itu adalah (sesi) pemaparan keilmuan tentang falakiyah tentang kegerhanaan itu yang akan dibawakan oleh pemateri dari ketua MUI dan juga dari BMKG Yogyakarta. Itu dari jam 13.00 sampai jam 15.00 sore," jelasnya saat diwawancarai beritamagelang.id.

Sesi kedua diisi dengan sesi simulasi pengamatan gerhana, dilanjut dengan pengamatan lewat teropong yang didatangkan dari Yogyakarta.

"Rencana ada 2 unit (teropong) dan jamaah bisa melihat satu per satu. Karena teropong ada 2 unit sehingga bisa melihat (bergantian) 2 orang," tambahnya.

Sutrisno juga menambahkan, peristiwa itu akan ditayangkan di layar proyektor, sehingga yang tidak bisa melihat lewat teropong bisa melihat lewat layar. Dan setelah shalat Isya, akan dilaksanakan shalat gerhana.

Takmir Masjid Agung An-Nuur sudah menyebarkan sekitar dua ribu brosur ke seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang untuk turut mengikuti shalat gerhana esok. Takmir masjid juga turut mengundang MUI kabupaten dan kecamatan, KUA, Kementrian Agama Kabupaten Magelang, Bagian Kesra Setda Magelang, juga masyarakat sekitar Masjid An-Nuur.

Menurut informasi dari BMKG, pada 2018 diprediksi akan terjadi lima kali gerhana, yaitu:

1. Gerhana Bulan Total (GBT) 31 Januari 2018 yang dapat diamati dari Indonesia

2. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 15 Februari 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia

3. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 13 Juli 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia

4. Gerhana Bulan Total (GBT) 28 Juli 2018 yang dapat diamati dari Indonesia, dan

5. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 11 Agustus 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar