Liburan Tahun Baru Diprediksi Tidak Ada Kemacetan di Magelang

Dilihat 1528 kali
Kasatlantas Polres Magelang, AKP Fadli

BERITAMAGELANG.ID - Tidak ada kemacetan arus lalu lintas di wilayah Magelang saat liburan tahun baru 2020. Namun demikian, ada kepadatan di titik-titik tertentu karena volume kendaraan yang bertambah. 


"Tidak ada kemacetan, namun terjadi kepadatan di titik-titik tertentu terutama di persimpangan Artos," kata Kasatlantas Polres Magelang, AKP Fadli, Senin (30/12).


Ia juga menyampaikan, pada jam-jam tertentu akan terjadi kepadatan terutama di seputaran obyek wisata Candi Borobudur. Kepadatan akan mulai terjadi pada pukul 10.00 WIB, dimana banyak kendaraan terutama dari arah Yogjakarta yang masuk ke obyek wisata internasional ini.


Kepadatan selanjutnya pada pukul 14.00 sampai 17.00 WIB karena ada arus balik dari obyek wisata. 


"Kepadatan juga terjadi di wilayah Palbapang, Salam sampai Artos," ungkapnya.


Sementara itu, Fadli mengatakan, untuk jalur Secang masih aman terkendali dan tidak ada penumpukan kendaraan. Demikian juga jalur sebelah timur yakni dari arah Kopeng Salatiga menuju Magelang juga lancar. 


"Tidak ada kepadatan yang tinggi untuk jalur-jalur tersebut," imbuhnya.


Yang perlu diwaspadai adalah banyaknya 'pak ogah' atau warga di seputaran candi Borobudur. Sebab banyak di antara mereka yang mengarahkan kendaraan terutama dari luar kota untuk parkir di tempat yang tidak sesuai. Padahal dari obyek wisata sendiri sudah mempersiapkan kantong-kantong parkir. 


"Tapi banyak 'pak ogah' yang langsung mengarahkan untuk parkir di lahan mereka. Banyak wisatawan yang dipaksakan untuk parkir di tempat mereka. Ini yang sering bikin macet," imbuhnya.


Mengatasi hal ini, tim reaksi cepat segera mencegah munculnya pak ogah serupa karena sangat mengganggu.


"Tim reaksi cepat semaksimal mungkin mencegah munculnya pak ogah yang banyak memberikan informasi salah kepada pengunjung Candi Borobudur," tegasnya.


Di bagian lain, Fadli juga menyatakan, di wilayah Magelang sejauh ini tidak ada jalur yang rawan kecelakaan. Karena sejak awal sudah ada operasi Zebra sehingga ada dampak pada operasi lilin Candi ini. Meski demikian, pihaknya tetap memberikan himbauan kepada pengguna jalan untuk tetap hati-hati, terutama di jalan yang banyak tikungan.


"Demikian juga dengan pengaruh cuaca, untuk wilayah Magelang bisa diprediksi, sore hari pasti sudah hujan, sedangkan pagi sampai siang masih aman. Sementara kepadatan kendaraan di siang hari, sehingga masih relatif aman," tutupnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar