Tahap Kelima, Rapid Tes Massal Targetkan 2.900 Sasaran

Dilihat 2454 kali
Foto ilustrasi: freepik.com

BERITAMAGELANG.ID - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Magelang, melalui Dinas Kesehatan tengah melakukan rapid test massal tahap kelima. Pada tahap kelima ini, ditargetkan 2.900 sasaran di 57 desa yang tersebar di 19 kecamatan. 


“Namun hingga saat ini, baru berhasil menyasar 1.322 orang dengan 23 reaktif rapid test dan menunggu hasil swab,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indrastuti, melalui Juru Bicara GTPP, Nanda Cahyadi Pribadi, Selasa (16/6/2020).


Nanda mengatakan sasaran rapid test tahap kelima itu, 2.000 diantaranya merupakan usia produktif. Sedangkan sisanya sebanyak 900 orang, dipilih karena memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya. 


Sebelumnya, kata Nanda, pada tahap pertama hingga keempat, berhasil menemukan 232 reaktif rapid test dan 136 diantaranya reaktif swab. Namun demikian, dari 136 itu, 87 diketahui sudah sembuh setelah hasil swab keduanya negatif. 


“Saat ini kami masih menyelesaikan rapid test massal tahap kelima di 57 desa itu. Target kami sebenarnya tanggal 13 juni selesai, namun karena keterbatasan SDM, saat ini baru menyasar 1.322 sasaran," ungkapnya.


Sebanyak 57 desa itu dipilih karena sebelumnya ditemukan warga terkonfirmasi positif dan ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal. 


57 desa itu, tersebar di Kecamatan Mertoyudan, Dukun, Ngablak, Secang. Candimulyo, Bandongan, Sawangan, Kajoran, Mungkid, Windusari, Tegalrejo, Tempuran Srumbung, Salaman, Kaliangkrik, Muntilan, Salam, Ngluwar dan Grabag. 


“Sebanyak 57 desa itu, menjadi desa prioritas yang harus diawasi. Sebelumnya juga telah ditemukan pasien terkonfirmasi positif dan PDP yang meninggal dunia," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar