Swab Masif Deteksi Pasien Covid Lebih Cepat

Dilihat 983 kali
Zonasi Covid-19 Kabupaten Magelang, masuk zona merah di Jawa Tengah

BERITAMAGELANG.ID - Jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, saat ini mencapai 4.084 orang. Saat ini Kabupaten Magelang berada di tujuh besar zona merah Jawa Tengah. Namun banyaknya angka pasien terkonfirmasi ini, tidak lepas dari program swab masif yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang.


Untuk diketahui, jumlah swab masif yang telah dilakukan di Kabupaten Magelang hingga Jumat (11/12/2020), telah menyasar kepada 12.187 orang. Dari sebanyak itu, ditemukan ada 394 orang yang terkonfirmasi Covid-19. Sasaran swab masif sendiri, adalah ibu hamil, lansia, orang dengan penyakit penyerta (kormobit) serta anak-anak.


"Kabupaten Magelang saat ini memang masuk zona merah di Jawa Tengah. Namun ini karena keberhasilan kita dalam menemukan pasien terkonfirmasi melalui program swab masif," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Sabtu (12/12/2020).


Ditegaskan Nanda, angka pasien terkonfirmasi tinggi di Kabupaten Magelang itu, merupakan bagian dari solusi. 


"Memang jumlahnya saat ini banyak, namun itu bagian dari solusi karena bisa segera dilakukan pengobatan dan langkah antisipasi. Dianggap zona merah karena tingginya orang yang terpapar, tidak masalah, karena hal itu bisa segera dilakukan upaya penanganan," tegasnya. 


Sementara dari 21 kecamatan di Kabupaten Magelang, ada beberapa yang masuk zona merah. Diantaranya Kecamatan Tegalrejo, Mungkid, Borobudur, Secang dan Mertoyudan. 


"Di wilayah ini hanya ada tiga kecamatan yang masuk zona oranye. Yakni Kecamatan Salam, Kaliangkrik dan Ngablak," ungkapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar