Baksos Digelar Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional

Dilihat 2036 kali
Direktur RSUD Muntilan dr. M. Syukri, MPd membuka kegiatan baksos di SMK Abdi Negara Muntilan

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang bersama RSUD Muntilan dan Forum Organisasi Profesi Indonesia (FOPI) menggelar bakti sosial sebagai bagian dari peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2018 Tingkat Kabupaten Magelang dan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di SMK Abdi Negara Muntilan, Kabupaten Magelang, Jumat (23/11). Kegiatan tersebut disambut antusias para siswa. Hal ini terlihat jelas dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. 


"Intinya kami menyukseskan Germas. Kementerian Kesehatan sudah memberikan protokol buat kami bahwa yang pertama memberikan edukasi, seminar ilmiah kemudian bakti sosial, ada pemberian penghargaan pada yang berprestasi di bidang kesehatan. Kemudian ada acara upacara dan berbagai macam kegiatan yang diserahkan kepada masing-masing panitia," jelas Koordinator Program Bakti Sosial, dr. Novianto Kurniawan di sela giat baksos.

dr. Novianto menambahkan, pada Kamis (22/11) juga telah diadakan seminar ilmiah dengan mengambil tema stunting dan kelaparan kronis. 


"Dimana tema ini kita ambil karena pada data-data yang sudah ada, Kabupaten Magelang termasuk memiliki angka stunting kelaparan cukup tinggi di Jawa Tengah sekitar 3,7 persen. Untuk menurunkan angka tersebut kita mengundang dari SKPD, Puskesmas, kader kesehatan, klinik swasta dan perwakilan masyarakat untuk mengenali, mendeteksi dini apa itu stunting, apa itu gizi buruk, bagaimana menanganinya dan memahamkan pada peserta bahwa 1.000 hari pertama kehidupan menentukan, mengingat kita akan menuju generasi emas," paparnya.


Lebih lanjut dr. Novianto mengungkapkan, untuk membentuk generasi sehat dan kuat itu tidak cukup pintar dan cerdas saja, harus didukung kesehatan yang mapan dan sebaik-baiknya.


"Tidak boleh dia kurang gizi, tidak boleh sakit-sakitan, dan yang namanya sakit itu bermula dari pola hidup yang tidak baik dari masing-masing pribadi, jadi proses kesehatan tidak boleh kita ambil separo-separo, ada promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif," tandasnya.


Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 54 di Kabupaten Magelang juga akan diselenggarakan program sikat gigi massal, cuci tangan pakai sabun, pemeriksaan golongan darah dan pemberian makanan tambahan di SD Pangudi Luhur Muntilan pada 24 November 2018.


Dilanjut pada 28 November 2018 di Lapangan Pasturan Muntilan akan dilaksanakan Baksos pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat dan golongan darah. Ada pula konsultasi gizi, kesehatan gigi dan mulut, konsultasi obat, senam, cuci tangan bersama dan launching Hemodialisa RSUD Muntilan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar