SMKN 1 Windusari Salurkan Siswa ke Dunia Kerja

Dilihat 2749 kali
WAWANCARA. Proses wawancara siswa SMKN 1 Windusari dalam perekrutan tenaga kerja industri garmen.

BERITAMAGELANG.ID - SMKN 1 Windusari aktif menyalurkan siswanya ke dunia kerja. Salah satu kegiatan penyaluran tersebut dilaksanakan pada Jumat (25/3), yaitu wawancara kepada 40 siswa putri.


40 siswa putri, kelas 12 jurusan Akuntansi yang akan lulus, diwawancarai perusahaan Ungaran Sari Garmen. Perusahaan tersebut membutuhkan tenaga kerja operator produksi.


"Wawancara dilakukan langsung di sekolah kami dengan penerapan protokol kesehatan ketat," ucap Waka Humas SMKN 1 Windusari, Suwadi.


Dalam penyaluran tenaga kerja siap pakai, SMKN 1 Windusari rutin tiap tahun bekerja sama dengan beberapa perusahaan baik lokal maupun luar pulau.


Pada awal bulan Maret ini, 63 orang siswa kelas 12 mengikuti tes rekrutmen perusahaan operator tambang di Kalimantan.


Secara teknis urutan perekrutan dimulai dari psikotes,  wawancara online dari rumah masing-masing, tes kesehatan, diklat online, Bintalsik di Rindam IV/Diponegoro dua minggu. 


"Kemudian Diklat tatap muka di Jakarta. Dan dalam psikotes lulus 18 anak, tinggal meneruskan tahapan selanjutnya," papar Suwadi.


Staf Ungaran Sari Garmen, Aditya Widhi Jatmiko, mengatakan, dengan kerja sama SMKN 1 Windusari membuat pihaknya dapat lebih mudah melakukan perekrutan.


"Kalau hanya mengandalkan pelamar reguler, akan kurang mencukupi. Sebab dari 5.000 karyawan kami, bisa 2 persen tiap tahunnya mengundurkan diri,” ungkapnya. 


"Dengan melakukan kerja sama ini, akan sangat mempermudah kami dan SMKN 1 Windusari, yang siswanya dapat lebih cepat terserap di lapangan kerja," kata dia.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar