Smartcity Mudahkan Pelayanan Masyarakat

Dilihat 935 kali
Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Drs. Endra Endah Wacana resmikan Bimtek Smartcity tahap III di Ruang Bina Karya, Kamis (13/09)

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan/Review Masterplan Smartcity dan Quick Win Program Unggulan Tahap III di Ruang Bina Karya Setda Kabupaten Magelang, Kamis (13/09).

"Kita patut berbangga karena Kabupaten Magelang telah masuk dalam Gerakan 100 Smartcity Kabupaten/Kota Indonesia. Tentunya Smartcity terbentuk melalui proses dan komitmen Pemerintah Daerah terhadap program dari Pemerintah Pusat," demikian disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Drs. Endra Endah Wacana dalam sambutannya.

Impian Kabupaten Magelang ke depan, lanjut Endra, adalah menjadi wilayah yang smart dalam layanan, salah satunya juga mempercepat visi misi Bupati Magelang. Namun, tujuan utamanya adalah pelayanan terhadap masyarakat, baik itu pelayanan dari SKPD tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa.

"Sekarang sudah ada berbagai aplikasi (layanan publik), tapi masih parsial belum terintegrasi. Ke depan, kita akan buat integrasi layanan publik agar lebih bermanfaat, berdaya guna dan memudahkan masyarakat," bebernya.

Perkembangan teknologi menjadi suatu hal yang tidak bisa dihindari saat ini, Pemda pun harus siap agar tidak tertinggal zaman yang serba digital. Untuk itu Kabupaten Magelang telah menyusun Masterplan Smartcity yang akan diimplementasikan dalam waktu lima tahunan.

"Mari kita bangun branding (citra) Kabupaten Magelang lebih baik dengan integrasi IT (teknologi dan informasi). Kendala yang kita alami saat ini adalah anggaran dan SDM, maka saya berpesan agar Dinas Kominfo segera memenuhi kebutuhan SDM teknis melalui pengadaan Supporting Staff. Tahun ini ada pengadaan CPNS, kuotanya ada 259, namun mayoritas untuk guru dan tenaga kesehatan," kata dia.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Drs. Sugiyono, M.Si menyampaikan dengan adanya Smartcity akan mewujudkan pelayanan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel bagi masyarakat.

"Efisien artinya hemat biaya dan tenaga, tapi mencapai hasil yang semaksimal mungkin karena efektif. Sekarang teknologi berkembang luar biasa, sehingga hak publik mengakses layanan semakin transparan (terbuka). Dan akuntabilitas akan terwujud jika transparansi layanan info publik tinggi. Dulu impossible, tapi sekarang i'm possible," tandasnya.

Bimtek Smartcity tahap III kali ini menghadirkan narasumber pendamping Smartcity Kabupaten Magelang dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Adi Mulyanto; perwakilan dari Kementerian Kominfo, Wahyumardi; dan PT Lintasarta, Paulus Bimo Samudro. Bimtek digelar dua hari pada 13 dan 14 September 2018 diikuti Tim Pelaksana dan Tim Teknis Smartcity Kabupaten Magelang, yakni dari kalangan SKPD, akademisi dan praktisi maupun pegiat wisata.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar