Smart City, Solusi Cerdas Menjemput Magelang Gemilang

Dilihat 20826 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang berkomitmen untuk membuat perubahan-perubahan besar dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Magelang menggunakan smart city untuk menuju jalan cerdas menuju Kabupaten Gemilang," demikian disampaikan Bupati Magelang Zaenal Arifin usai memaparkan progress smart city Kabupaten Magelang di hadapan lima orang tim Evaluasi Smart City Nusantara di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Zaenal berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Dan menurutnya, regulasinya harus diatur karena data negara juga harus dilindungi.

"Tidak boleh semua orang bisa mengakses, smart city ini kan bebas (bisa diakses masyarakat luas) tapi harus terukur," lanjutnya.

Dalam rangkaian event Exhibition, Evaluation and Presidential Lecture Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Kominfo tersebut, Zaenal juga menyampaikan harapannya agar kunjungan wisatawan terus bertambah.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur harus digenjot, agar smart city Kabupaten Magelang bisa segera berjalan.

"Ada Jelajah Magelang, Pesona Magelang, Amongrasa dan sebagainya itu kan segera diwujudkan. Paling ngga, 2020 harus kita launching sehingga orang kalau mau ke Magelang bisa buka Jelajah Magelang. Jadi memberikan informasi yang lebih cepat," tandasnya.




Dalam kesempatan tersebut, Zaenal juga meninjau booth pameran Smart City Kabupaten Magelang yang turut berpartisipasi dalam Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia. Dalam pameran yang diselenggarakan selama tiga hari pada 4-6 November 2019 itu, sebanyak 75 kabupaten/kota yang tergabung dalam Gerakan 100 Smart City Indonesia hadir memamerkan inovasi dari daerah masing-masing.

"Kami membangun smart city dalam rangka membantu mewujudkan Visi Misi Bupati Magelang agar segera terwujud melalui cara yang cerdas," imbuh Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Sugiyono di sela Expo Smart City.

Ada enam bidang yang difokuskan untuk mewujudkan smart city di Kabupaten Magelang, yakni Smart Government, Smart Branding, Smart Living, Smart Society, Smart Economy dan Smart Environment.

"Tujuan akhirnya adalah meningkatkan pelayanan pada masyarakat agar lebih mudah, murah dan cepat," pungkasnya.

 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar