Smart City Kabupaten Magelang Butuh Dukungan Semua SKPD

Dilihat 299 kali
Pj Sekda Kabupaten Magelang Drs. Adi Waryanto membuka sosialisasi Masterplan Smart City Kabupaten Magelang, Senin (03/12)

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah menyusun dokumen Masterplan Smart City yang akan menjadi panduan peta jalan (roadmap) tahapan pembangunan berbasis Kota Cerdas tahun demi tahun.


"Masterplan disusun berdasarkan Bimbingan Teknis yang kita sudah kita laksanakan sebanyak empat kali sebelumnya. Dan di dalamnya berisi kesepakatan program kerja dan rencana aksi masing-masing SKPD untuk mewujudkan Smart City Kabupaten Magelang," demikian disampaikan Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Drs. Sugiyono, M.Si. di sela acara Sosialisasi Masterplan Smart City Kabupaten Magelang di Ruang Bina Karya, Senin (03/12). 


Dalam kesempatan tersebut, Pj Sekda Kabupaten Magelang Drs. Adi Waryanto mengungkapkan, untuk menjalankan roda pemerintahan di pusat maupun daerah dibutuhkan sebuah peningkatan dan terobosan baru dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif. 


"Ada tiga hal yang perlu saya sampaikan terkait Smart City di Kabupaten Magelang, yang pertama tingkatkan keterampilan professional pegawai yang ditugasi menangani Smart City ini. Profesionalisme akan tampak pada sosok pegawai yang cekatan dan terampil mengemban tugasnya sehingga program smart city bisa sesuai dengan yang diharapkan," demikian disampaikan Sambutan Bupati Magelang yang dibacakan Pj. Sekda Kabupaten Magelang.


Yang kedua, lanjut Adi, ia mengingatkan bahwa Kota Pintar tidak hanya selalu soal penggunaan teknologi atau pembangunan fisik semata, yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat membangun pola pikir, sikap dan karakter masyarakat yang lebih baik. 


"Yang ketiga, Smart City harus berorientasi pada peningkatan pelayanan publik dan memberikan perhatian pada pemberdayaan masyarakat untuk berinovasi sebagai aktor utama pembangunan," lanjutnya.


Pemerintah Kabupaten Magelang telah menetapkan tiga percepatan (Quick Win) Smart City, yakni program Paseduluran Deso (Paseso) Merapi, layanan perpustakaan Puspa Gemilang, dan yang terakhir aplikasi berbasis android Jelajah Magelang. Ketiga Quick Win tersebut tercantum dalam Masterplan dan akan dipaparkan pada Kementerian Kominfo selaku leading sector Smart City se-Indonesia pada 12-14 Desember 2018 di Jakarta. 


"Kami berharap sekali lagi untuk mewujudkan dan mengembangkan konsep Smart City ini tiada lain yang dibutuhkan kecuali dukungan dan komitmen penuh dari seluruh kepala SKPD serta stakeholder di Kabupaten Magelang," tandasnya. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar