Smart City Kabupaten Magelang Akan Segera Terwujud

Dilihat 546 kali
Kiri ke kanan : Andi Yuniantoro (Direktur Inixindo, pengembang smart city Kabupaten Magelang), Prof. Suhono (Penasehat Pembangunan Smart City di Asosiasi Pemda), Tavip Supriyanto (Pjs Bupati Magelang, Eko Triyono (Plt Sekda), Agus Liem (Kepala Diskominfo Kabupaten Magelang) sepakat mengembangkan Smart City Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Seluruh SKPD Pemerintah Kabupaten Magelang telah menandatanganani kesepakatan bersama  dukungan dan persetujuan pembangunan smart city Kabupaten Magelang di rumah dinas Bupati Magelang, Kamis (01/03). Penandatanganan diawali oleh Pejabat sementara Bupati Magelang, Tavip Supriyanto, Plt. Sekda, Eko Triyono, diikuti seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Magelang.


Pemerintah kabupaten Magelang sudah sejak lama merencanakan pembangunan smart city sebagai kebutuhan dan menyesuaikan dengan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi yang tidak bisa dihindari.


"Dalam era kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi yang diiringi peningkatan persaingan ekonomi regional, nasional, dan internasional seperti sekarang ini, untuk menjalankan roda pemerintahan baik di pusat maupun di daerah diperlukan sebuah pendekatan dan terobosan baru dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi yang kreatif dan inovatif," demikian disampaikan Pjs. Bupati Magelang, Tavip Supriyanto saat membuka acara sosialisasi smart city bertajuk 'Rembug Cerdas Kabupaten Magelang' di rumah dinas Bupati Magelang siang ini. 


Smart City, lanjut Tavip, didefinisikan sebagai sebuah kota yang didasarkan pada perencanaan yang baik, memiliki daya saing ekonomi, peningkatan kualitas hidup serta menciptakan lingkungan berkelanjutan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, merupakan salah satu jawaban dan solusi untuk menjawab tantangan zaman serba teknologi canggih seperti sekarang ini. 


Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi telah berhasil menyusun Masterplan Smart City yang di dalamnya termuat Roadmap Smart City. 


"Kami berharap, melalui sosialisasi ini akan didapatkan pemahaman yang komprehensif dan penyamaan persepsi tentang konsep dan rencana pelaksanaan Smart City di Kabupaten Magelang, tindak lanjut Masterplan Smart City, dan kesepakatan mengenai jalannya Road Map Smart City," harapnya.


Pengembangan konsep Smart City di Kabupaten Magelang bertujuan utama meningkatkan pelayanan masyarakat agar lebih baik, transparan, dan akuntabel; meningkatkan efisiensi dan efektifitas di berbagai kegiatan dan layanan; meningkatkan standar dan kualitas kehidupan; meningkatkan aktifitas ekonomi dan daya saing; serta meningkatkan daya tarik Kabupaten Magelang di mata masyarakat, pengusaha, investor serta wisatawan sebagai kota yang layak untuk menetap, bekerja, dan berwisata.


Demikian halnya dengan Kabupaten Magelang, yang saat ini berada pada era transformasi, dan sedang mengembangkan sebuah kota berkelas dunia.


"Mimpi ini akan segera terwujud, tentunya melalui dukungan dan komitmen penuh dari semua pihak, yaitu unsur-unsur di pemerintahan daerah (SKPD), pucuk pimpinan daerah hingga ke wilayah kecamatan dan pedesaan, serta dukungan seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Magelang", tandasnya. 


Kementerian Komunikasi dan Informatika menggagas Gerakan Menuju 100 Smart City, dan telah menargetkan 100 Smart City kabupaten/kota pada 2018. Untuk mewujudkan Smart City, para pemimpin di daerah diharapkan mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk memajukan wilayahnya masing-masing, karena pada hakikatnya Smart city adalah suatu konsep utuh bagaimana melayani masyarakat dan mengelola sumber daya yang ada dengan lebih baik. Dan yang paling penting, adalah keberanian pemimpin di daerah untuk membuat terobosan transparansi di bidang pelayanan publik.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar