Lomba Literasi Nasional, Siswi SD Asal Magelang Ini Raih Runner-Up

Dilihat 3276 kali
Dari kiri kanan - para pemenang juara II FL2N Sekolah Dasar 2019 kategori menulis cerpen, cipta syair, cipta pantun, mendongeng, dan baca puisi.

BERITAMAGELANG.ID - Siswi SD Negeri Gejagan Pakis, Kabupaten Magelang, Ngizzatun Nisa' berhasil memperoleh Juara II pada kategori lomba menulis cerita pendek dalam Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar 2019 tingkat nasional. Festival tersebut diselenggarakan di Jakarta dan Tangerang pada 27-28 Juli 2019.


Izza mengaku senang bisa mewakili teman-temannya mengikuti lomba di tingkat nasional. Dalam perlombaan tersebut ia menulis cerita pendek tentang pengalaman seorang anak yang penasaran terhadap acara radio yang tiap malam didengarkan oleh kakeknya. 


Setiap malam sang kakek mendengarkan acara dalam bahasa Jawa yang tidak dipahaminya. Pada suatu hari si kakek mengajak cucunya untuk melihat pagelaran wayang, acara yang tiap malam didengarkan oleh si cucu tetapi dia tidak mengerti makna acara tersebut. 


Pengalaman pertamanya melihat pagelaran wayang begitu berkesan karena merupakan hal baru yang dipelajarinya secara langsung dari sang kakek.


"Senang sekali bisa ikut lomba ke Ibukota, pertama kalinya naik pesawat, dapat pengalaman baru, teman baru dari seluruh Indonesia terus juga dapat ilmu baru dari juri." ceritanya.



Siswi SD Negeri Gejagan Pakis, Kabupaten Magelang, Ngizzatun Nisa' didampingi guru pembimbingnya usai menerima piala F2LN di Tangerang

 

Kepala Sekolah SD Negeri Gejagan, Nur Hidayati turut bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya. Ia berharap Nisa bisa menjadi teladan bagi siswa-siswa lainnya. Ia juga berpesan agar prestasi tersebut bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan sebagai motivasi bagi guru dan siswa untuk terus berkarya.


"Meskipun anak desa, kalian harus mampu menunjukkan eksistensi untuk terus berprestasi, berkarya, dan mengembangkan kemampuan berliterasi dengan akses apapun,” pesannya.


FL2N Sekolah Dasar 2019 diikuti 170 siswa SD yang telah diseleksi dari seluruh Indonesia berdasarkan naskah yang dikirimkan kepada panitia. Ada lima kategori yang dilombakan, yakni cipta pantun, cipta syair, baca puisi, menulis cerita pendek, dan mendongeng.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar