Siswa SMA Taruna Nusantara Belajar Membuat Batik Tulis

Dilihat 73 kali
Siswa SMA Taruna Nusantara praktek membatik tulis di Omah Mbudur dalam kegiatan Outing Class Kewirausahaan.

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 120 siswa SMA Taruna Nusantara Magelang, belajar membatik di Omah Mbudur, Desa Wanurejo Borobudur, Senin (9/9), dalam Outing Class SMA TN yang diikuti oleh siswa kelas 12.


Koordinator Outing Kelas, Kuncoro Puji Raharjo, yang juga sebagai guru kimia dan kewirausahaan, mengatakan, Outing Class merupakan salah satu program pembelajaran yang bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai rangsangan berwirausaha kepada siswa SMA Taruna Nusantara.


"Harapannya siswa terinspirasi untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur salah satunya melalui kerajinan batik tulis ini yang merupakan seni budaya asli Indonesia," ucap Kuncoro.


Menurut Kuncoro, dalam belajar membatik tersebut, nantinya akan dikembangkan berbagai motif sesuai dengan daerah asal siswa, yang kemudian akan ditampilkan dalam Pekan Budaya Nusantara dalam Bulan November nanti di SMA Nusantara.


"Siswa akan menampilkan kerajinan dari daerah masing-masing dalam Pekan Budaya Nusantara, dimana SMA Taruna Nusatara akan open house saat itu.


Dan hasil karya kerajinan tersebut memang dijual sebagai media pembelajaran berwirausaha," papar Kuncoro.


Sementara, pemilik Omah Mbudur, Nuryanto, menuturkan, dalam Outing Class belajar membatik tulis tersebut, siswa membuat sapu tangan dengan desain motif Candi Borobudur.


"Ketika berkunjung ke Borobudur, dan bisa membawa pulang Candi Borobudur dalam bentuk batik tulis di sapu tangan, yang merupakan karya sendiri maka akan membuat bangga pada siswa SMA Taruna Nusantara," tutur Nuryanto yang sudah empat tahun memberikan materi batik lukis kepada SMA Taruna Nusantara. 


Selama tiga hari, sebanyak 370 siswa SMA Taruna Nusantara mengikuti kegiatan ini. Dalam satu hari 120 siswa mengikuti pelatihan keterampilan ini secara bergiliran. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar