Siswa dan Relawan Raih Hadiah Lomba Kebencanaan BPBD Kabupaten Magelang

Dilihat 670 kali
Kalak BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto memberikan hadiah lomba di HUT BPBD ke 8, Rabu (23/10/2019)

BERITAMAGELANG.ID - Siswa SMP dan relawan mendapat hadiah spesial dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang. Kegiatan itu merupakan rangkaian perayaan ulang tahun BPBD yang ke delapan.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan kegiatan HUT BPBD ini sangat sesuai dengan cita-cita negara Indonesia yakni mewujudkan masyarakat tangguh bencana.


"Masyarakat yang mengerti akan ancaman mengerti bagaimana resikonya," kata Edy di acara pembagian hadiah lomba cerdas cermat siswa SMP dan lomba ketangkasan relawan se Kabupaten Magelang, Rabu (23/10/2019).


Sebanyak 21 sekolah di Kabupaten Magelang berpartisipasi dalam lomba Cerdas Cerrmat Kebencanaan yang digelar BPBD Kabupaten Magelang tersebut.


Sebagai juara 1 diraih SMPN 2 Salam, disusul Juara 2 SMPN 3 Secang dan juara 3 SMPN 3 Grabag. Sedangkan sebagai juara harapan 1 diraih SMPN 3 Pakis, harapan 2 SMPN 1 Srumbung dan juara harapan 3 adalah SMPN 4 Satap Salaman.


Menurut Edi, lomba cerdas cermat berlangsung sangat ketat. Hal itu menandakan jika materi kebencanaan sudah ditangkap dengan baik oleh anak-anak.


"Buktinya, ketika diujikan kepada anak-anak ternyata mereka dengan cerdas dan tangkas dalam menjawabnya," tegas Edy.


Kegiatan yang dikemas dengan tema Sadar Bencana tahun 2019 ini bertujuan membangun kesadaran dan keterampilan tentang penanganan bencana, kepekaaan masyarakat serta mewujudkan kesiapan masyarakat dalam menghadapi kebencanaan.


Menurut Edy, penanganan bencana itu menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.


Secara khusus, BPBD juga menyampaikan apresiasi kepada komunitas relawan yang selama ini telah menjadi ujung tombak bencana di Kabupaten Magelang.


"Terimakasih kawan-kawan relawan yang selama ini bekerja sama. Mari kita tetap terus dalam barisan yang kuat agar masyarakat terlayani," ajaknya.


Sementara, untuk lomba kekompakan bongkar pasang tenda tingkat komunitas relawan, sebagai juara 1 diraih tim LPBD Gantang, juara 2 tim Guruh Merapi dan juara 3 OPRB Dukun.


Sedangkan sebagai juara harapan 1 diraih tim OPRB Sumbing Jaya, juara harapan 2 OPRB Borobudur, dan harapan 3 OPRB Sambungrejo.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar