Sinergi Pembangunan Kesehatan, Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Wilayah Kedu Dilantik Bersama

Dilihat 988 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, dr. Sunaryo menghadiri pelantikan bersama Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Wilayah Kedu di Balkondes Ngargogondo, Senin (28/5/2023). Dalam kegiatan yang bertema “Memperkuat Sinergisitas Apoteker Dalam Pembangunan Kesehatan dan Menghadapi Transformasi Revolusi Digital 5.0” tersebut, dr. Sunaryo menyampaikan, pentingnya apoteker terlibat dalam setiap pembangunan pelayanan kesehatan pada masyarakat. 


Pembangunan kesehatan merupakan bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.


“Adanya kepengurusan yang baru ini diharapkan semakin hadir dan terlibat dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Magelang sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan,” kata dr. Sunaryo.


dr. Sunaryo mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan Pimpinan Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Wilayah Kedu periode 2022 – 2026. Ia berharap kepengurusan yang baru dilantik dapat mengemban amanah dan terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kefarmasian. 


“Apoteker sebagai bagian dari tenaga kesehatan harus dapat memberikan pelayanan kesehatan yang tidak terbatas hanya pada fasilitas pelayanan kesehatan saja tetapi juga harus menyentuh masyarakat secara langsung sebagai bentuk pengabdian pada profesinya,” pesannya.


Ketua Pimpinan Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Jawa Tengah, apt. Rosid Sujono, juga menekankan pentingnya sinergitas apoteker dalam pembangunan kesehatan. Sinergitas antar apoteker diharapkan dapat menghasilkan inovasi yang nyata dalam meningkatkan pelayanan kefarmasian. 


“Selain itu, IAI sebagai sebuah organisasi yang menaungi apoteker selalu siap berkolaborasi dan bersinergi dalam Pembangunan Kesehatan,” ujarnya.


IAI juga harus dapat memberdayakan, mempersatukan, dan membimbing setiap anggotanya tidak hanya demi kemajuan organisasi dan profesi apoteker, tetapi juga untuk kemajuan kesehatan di Indonesia.


Pelantikan ini dilakukan bersamaan dengan PC IAI wilayah Kedu. Wilayah Kedu meliputi PC IAI Kabupaten Magelang, PC IAI Kota Magelang, PC IAI Kabupaten Purworejo, PC IAI Kabupaten Temanggung, PC IAI Kabupaten Wonosobo, dan PC IAI Kabupaten Kebumen. 


Hal mendasar dilakukannya pelantikan secara bersamaan wilayah Kedu yaitu adanya jarak wilayah yang saling berdekatan sehingga diharapkan dapat menjalin hubungan koordinasi yang baik dalam menjalankan peran serta fungsi organisasi di periode 2022-2026.


Pelantikan ini dihadiri 174 peserta yang dilantik secara langsung oleh pengurus Ketua Pimpinan Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Jawa Tengah, apt. Rosid Sujono. Selain itu acara pelantikan ini juga dihadiri organisasi profesi kesehatan lainnya, yaitu IBI, PATELKI, PAFI, PPNI, PERSAGI, PORMIKI, dan PDGI yang diharapkan dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam pembangunan kesehatan.

 

Rilis oleh : Nurfina Dian K., Pengurus PC IAI Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar