Polres Magelang Gelar Simulasi Pengamanan TPS Pemilu

Dilihat 41 kali
Seorang pemilih memasukkan surat suara dalam giat simulasi pengamanan Pemilu di Polres Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto, SH mengatakan, dalam mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilu 2019 pada 17 April mendatang, Polres Magelang akan melakukan pengamanan hingga tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Tidak hanya Linmas saja yang mengamankan TPS, jajaran Polres Magelang juga melaksanakan hal serupa.

Dimana setiap dua anggota Polisi mengamankan 12 TPS," ungkap Kompol Eko Mardiyanto SH, di sela giat Simulasi Pengamanan Tempat Pemungutan Suara di Mapolres Magelang, Rabu (13/03).

Menurut Eko, anggotanya perlu mengetahui proses atau teknis pemungutan suara, serta kemungkinan kendala yang muncul khususnya terkait keamanan di lokasi TPS saat proses pencoblosan dan penghitungan suara berlangsung.

"Dalam simulasi ini, anggota Polres Magelang menyaksikan langsung proses pemungutan suara.

Diharapkan melalui simulasi ini, anggota akan mendapatkan gambaran di lapangan, sehingga bisa mengambil keputusan terbaik untuk mengantisipasi kendala yang bisa saja muncul di lapangan," lanjutnya.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffudin mengatakan, dalam giat simulasi tersebut juga melibatkan unsur Bawaslu.

"Jadi KPU sebagai penyelenggara hingga tingkat TPS, dan Bawaslu sebagai pengawas juga ditampilkan dalam simulasi ini.

Sehingga lebih diketahui dengan gamblang fungsi dan tugas masing-masing unsur saat Pemilu berlangsung," papar Afiffudin.

Simulasi dilaksanakan dengan skenario sebuah TPS yang awalnya tenang, namun terdapat provokator yang tidak puas terhadap hasil Pemilu, hingga menimbulkan keributan. Dan petugas pengamanan turun tangan membuat situasi kondusif kembali.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar