Antisipasi Tawuran, Kodim 0705/Magelang Akan Gelar Sidak Pelajar

Dilihat 147 kali
Komandan Kodim 0705/Magelang, Letkol Czi Anto Indriyanto, S.Sos, dalam silaturahmi dengan awak media di Makodim 0705/Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Mengantisipasi potensi kekerasan tawuran pelajar dan aksi klitih, Komandan Kodim 0705/Magelang, Letkol Czi Anto Indriyanto, akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Magelang.


Berdasarkan perintah Danrem 072/Pamungkas Yogyakarta, Kodim diperintahkan untuk mencegah aksi klitih, termasuk aksi tawuran kekerasan pelajar. 


“Salah satunya melalui sidak ke sekolah-sekolah yang mempunyai potensi ke arah sana," ucap Letkol Czi Anto Indriyanto, usai acara Silaturahmi Komandan Kodim 0705/Magelang dengan wartawan, Kamis (16/1) di Makodim Magelang.


Menurut Dandim, secara geografis kewilayahan, khususnya Kabupaten Magelang berdekatan dengan wilayah Yogyakarta, dimana dikawatirkan perilaku kekerasan aksi klitih menular masuk ke Kabupaten Magelang.


"Tentu harapannya tidak ada aksi klitih, namun langkah antisipasi harus kami lakukan, agar hal buruk tersebut tidak terjadi. Sehingga kondisi keamanan di Magelang tetap kondusif," harapnya.


Adapun secara teknis dalam sidak tersebut, pihak Kodim 0705/Magelang, menghubungi Polsek dan Koramil setempat, serta Dinas Pendidikan dalam upaya pelaksanaan sidak di sekolah.


Sasaran dalam sidak tersebut, adalah senjata tajam, minuman keras, narkoba dan pelanggaran lainnya.


"Sifat sidak ini benar-benar mendadak, kami hubungi Polsek dan Dinas Pendidikan, jika bisa langsung dilaksanakan sidak ke sekolah," ungkap Komandan Kodim.


Letkol Czi Anto Indriyanto, menambahkan, tidak hanya dilakukan sidak dalam upaya mengurangi potensi kekerasan remaja, tetapi juga dilakukan pendidikan karakter kepada siswa.


"Kami juga melakukan pemberian materi wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada siswa.


Hal tersebut untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bela negara, sehingga kekerasan dalam pelajar yang dapat menimbulkan perpecahan, tidak terjadi," tandas Dandim.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar