Setradamara Raih Juara Sebagai Penyaji Terbaik II Parede Budaya Perbatasan Tahun 2022

Dilihat 713 kali
SETRADAMARA (Seniman Tradisi Muda Magelang Raya) Saat Tampil dalam Parade Budaya Perbatasan Tahun 2022

BERITAMAGELANG.ID- Seniman Tradisi Muda Magelang Raya (SETRADAMARA) berhasil meraih juara sebagai penyaji terbaik II dalam Parade Budaya Perbatasan Tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gerbang Kapal Samudera Raksa, Klangon, Banjaroyo, Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta 26-27 November 2022.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Nanda cahyadi Pribadi, mengatakan, Setradamara merupakan komunitas seni yang berisikan pemuda pemudi pelaku dan pelestari seni Magelang dibawah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

"Kemenangan ini merupakan hasil kerjasama tim Setradamara serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang yang mempersiapkannya dalam waktu kurang lebih dua minggu," kata Nanda.

Nanda juga mengungkapkan  bahwa Tim juga mengalami kendala dengan ukuran panggung yang lebih kecil dari hasil temu teknis.

"Seluruh anggota tim bekerjasama mengkondisikan perubahan pola lantainya dan menyajikan tampilan Topeng Ireng Kreasi kepada seluruh penonton yang hadir di lokasi dan melalui channel youtube dinas Kebudayaan kulon Progo," jelasnya.

Pencapaian ini tidak serta merta membuat Setradamara serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang untuk lengah, perjuangan melestarikan seni budaya masih berlanjut.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Magelang menghaturkan terima kasih atas kesempatannya ikut memeriahkan kegiatan Parade Budaya Perbatasan 2022 di Kabupaten Kulon Progo, Alhamdulillah Kesenian Topeng Ireng perwakilan Kabupaten Magelang telah berprestasi mendapatkan juara II. Semoga kegiatan tersebut semakin memperkuat pengembangan kebudayaan dan kesenian rakyat pada daerah perbatasan," harapnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar