Setelah Kemarin Ada Empat Pasien Positif, Hari Ini Tambah Lagi Tiga Pasien Terkonfirmasi Positif Covid 19

Dilihat 3115 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Sabtu (18/7/2020) kembali bertambah. Saat ini ada tiga tambahan pasien positif baru, berasal dari Kecamatan Mertoyudan, Candimulyo, dan Kecamatan Sawangan. Hari ini juga ada dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia, namun hasil swab belum keluar. Dengan tambahan dua PDP meninggal ini, jumlah akumulatif yang meninggal menjadi 44 orang. Terdiri 40 dari PDP dan empat dari positif.


"Dengan tambahan tiga pasien positif baru ini, jumlah akumulatifnya menjadi 154 orang. Terdiri dari 9 dirawat, 141 sembuh dan empat meninggal. Untuk tiga pasien positif tambahan itu, berasal dari Kecamatan Mertoyudan, Candimulyo dan Kecamatan Sawangan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara untuk dua PDP yang meninggal itu, semuanya berjenis kelamin laki-laki. "Untuk yang dari Kecamatan Tegalrejo, usia masih 47 tahun. Sebelumnya, ia dirawat di Balkesmas dengan status ODP pada tanggal 8 Juli. Namun karena kondisinya memburuk, ia dirujuk ke  RSJ Soerodjo pada tanggal 14 Juli hingga meninggal. Sedang yang dari Kecamatan Secang, ia masuk di RSU Muntilan sejak tanggal 17 Juli kemarin pukul 13.30, namun sebelum hasil swab keluar, keburu meninggal sore harinya pukul 17.00," jelasnya.


Selain ada PDP yang meninggal, kata Nanda, hari ini juga ada empat PDP baru. Tiga diantaranya berasal dari Kecamatan Secang dan satunya dari Kecamatan Tempuran. "Dengan tambahan dua meninggal dan empat baru itu, jumlah PDP akumulatif menjadi 317 orang. Terdiri 9 dirawat, 268 sembuh dan 40 meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), ada satu yang lolos pantau sehingga yang masih dalam pemantauan saat ini ada 27 orang," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar