Serunya Program BIAS di Lereng Gunung Merapi

Dilihat 1504 kali
Pelaksanaan BIAS di MI Ngablak 1 Srumbung Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pemberian imunisasi Campak dan Rubella atau Measles Rubella (MR) di sekolah-sekolah diwarnai jerit tangis beberapa anak. Seperti yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah 1 Ngablak Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang Selasa (25/8/2020).


Di sekolah yang berada dilereng barat Gunung Merapi itu, anak-anak kelas I beberapa ada yang menangis karena ketakutan saat disuntik. Beberapa anak bahkan harus dirayu terlebih dahulu oleh petugas medis dan guru. Meski demikian, para petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang yang dibantu oleh sejumlah tenaga medis tetap memberikan vaksinasi sebaik mungkin kepada mereka.


Target dari program Imunisasi lanjutan untuk anak usia sekolah yang dikenal dengan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) ini adalah siswa sekolah dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan sederajat.


Kabid P2P Dinkes Kabupaten Magelang Dr. RR Sri Wahyuningsih yang didampingi Kasi Surveilans dan Imunisasi Dwi Susetyo menuturkan sasaran imunisasi vaksin Measles Rubela (MR) sejumlah 21 ribu siswa untuk kelas 1 di wilayah Kabupaten Magelang.


"Dua puluh satu ribu siswa tersebut dengan estimasi untuk masing-masing kelas yakni imunisasi vaksin MR untuk kelas 1 SD sebanyak 21 ribu," ungkapnya.


Kegiatan BIAS juga dilakukan pada bulan November, yaitu imunisasi Difteri Tetanus (DT) dan Tetanus Difteri  (TD).


Imunisasi vaksin DT untuk kelas 1 SD dengan estimasi sebanyak 21 ribu sasaran. Demikian pula untuk kelas 2, 5 dan 6 SD/MI estimasi masing-masing 21 ribu," kata Kabid P2P.


Ia menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi tersebut merupakan program nasional yang diadakan setiap tahun serempak mulai Agustus, dan November 2020. Pelaksanaan program. Pelaksanaan program BIAS di masa pandemi Covid 19 menjadi tantangan tersendiri sehingga membutuhkan dukungan semua pihak, baik Puskesmas, sekolah, dan orang tua. Selain itu dalam pelaksanaannya, petugas bersama tim medis juga menerapkan protokol kesehatan.


Program  BIAS ini untuk memberikan perlidungan kepada anak-anak usia SD sederajat terhadap penyakit campak-rubela, difteri tetanus dan tetanus difteri agar anak yang di imunisasi menjadi SDM yang berkualitas.


Lebih lanjut diungkapkan oleh Kasi Survelans Imunisasi, guna memperlancar program BIAS pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Puskesmas, Dinas Pendidikan dan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Magelang. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi dan edukasi juga sudah dilakukan ke semua pihak.


"Ditargetkan program BIAS MR selama bulan Agustus 2020 selesai," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar