Serbuan Vaksin Kodim 0705 Magelang Sasar Warga Lereng Merapi

Dilihat 181 kali
Vaksinasi warga Srumbung Kabupaten Magelng oleh Kodim 0705 Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Serbuan Vaksin Covid-19 Kodim 0705 Magelang menyasar ribuan warga di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi Kabupaten Magelang.


Dengan antusias warga mengantre untuk mendaftar dan mengikuti screening yang digelar di halaman Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.


Menurut Camat Srumbung Budi Riyanto, sasaran vaksin kali ini adalah warga dari 16 desa. Melalui vaksin ini tentu sangat membantu upaya percepatan vaksinasi warga di wilayahnya.


"Capaian vaksinasi sekarang mencapai 6.000 orang untuk dosis pertama dan 4.200 orang untuk dosis keduanya," ungkap Budi Riyanto, Jumat (17/9/2021).


Dari jumlah Itu, sudah dilaksanakan vaksinasi bagi warga rentan yakni lansia, ibu hamil dan saat ini untuk umum.


Diharapkan setelah vaksinasi tahap pertama dan kedua dari Kodim ini selesai, maka dapat digelar lagi untuk gelombang selanjutnya.


Pihak Pemerintah Kecamatan Srumbung juga membuka peluang bagi setiap desa untuk mengajukan izin menggelar vaksinasi bagi warga di wilayah masing-masing.


"Kita bisa fasilitasi untuk desa-desa yang ingin menggelar vaksin dengan jumlah permohonan paling tidak 500 orang," jelasnya.


Guna mendukung program Serbuan Vaksin Kesdam IV Diponegoro kali ini sebanyak 35 tenaga medis dari Kodim 0705 Magelang, Rumah Sakit Tentara (RST) Dr Soejono Magelang, dan Puskesmas Srumbung dilibatkan.


Danramil 16 Srumbung Kapt Inf Suparna mengatakan target vaksinasi tahap pertama ini adalah 1.000 warga yang berada Kecamatan Srumbung.


"Target yang kita harapkan adalah 1.000 orang dan optimis akan tercapai," kata Suparna.


Lebih lanjut diungkapkan Suparna, untuk menghindari kerumunan, mekanisme kedatangan warga dibuat secara bergelombang per desa. Selain itu warga juga terlayani dengan cepat seperti datang langsung daftar, screening, lolos dan kemdian divaksin.


Wilayah Srumbung berada di Kawasan Rawan Bencana erupsi Gunung Merapi. Selain itu, vaksinasi ini diharapkan dapat memberikan imunitas bagi masyarakat dalam kesiapsiagaan mengantisipasi erupsi gunung Merapi yang saat ini berstatus Siaga.


Proses vaksinasi berjalan lancar, sedangkan jenis vaksin yang diberikan adalah sinovac dengan kategori usia 12 tahun ke atas.


"Antusias warga Srumbung sangat tinggi, karena saat ini vaksin menjadi kebutuhan untuk setiap aktivitas," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar