Sensus Penduduk 2020, Warga Diajak Berpartisipasi Mengisi Data Online

Dilihat 178 kali
Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Statistik mewakili Kepala Diskominfo Kabupaten Magelang, Sugeng Riyadi menyatakan siap mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020

BERITAMAGELANG.ID - Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Magelang akan dilaksanakan secara online mulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Jika belum mengisi data mandiri secara online, masyarakat akan didatangi petugas Sensus Penduduk Wawancara pada 1- 31 Juli 2020. 


Tujuan pelaksanaan Sensus Penduduk ini ialah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia (de facto dan de jure).


"Juga menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) serta karakteritstik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs 2021," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto dalam Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 di Pendopo Drh. Soepardi, Komplek Setda setempat, Kamis (13/2/2020).


Adi juga menyebutkan beberapa bentuk partisipasi dapat dilakukan oleh jajaran pemerintahan dalam mensukseskan Sensus Penduduk 2020.


"Partisipasi para Kepala SKPD dan ASN bisa dilakukan dengan yang pertama menyebarluaskan media publisitas berupa poster maupun leaflet yang disediakan BPS dan informasi mengenai SP 2020 melalui media sosial Whatsapp, Facebook dan lain-lain," ujarnya.


Yang kedua, lanjutnya, mengajak warga masyarakat sekitar untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk online.


"Kemudian yang ketiga, melakukan pendataan mandiri pada Sensus Penduduk online," ajaknya.


Ia berharap kesuksesan Sensus Penduduk 2020 dapat bermanfaat dalam mewujudkan pembangunan nasional.


"Semoga melalui data yang valid dan akurat, tujuan pembangunan nasional sebagaimana tercantum dalam alinea keempat pembukaan undang-undang dasar negara republik Indonesia bisa terwujud," harapnya.


Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Statistik mewakili Kepala Diskominfo Kabupaten Magelang, Sugeng Riyadi menyatakan siap mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.


"Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama untuk mewujudkan partisipasi aktif lembaga pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Magelang dalam mensukseskan Sensus Penduduk 2020," kata dia.


Rapat koordinasi Sensus Penduduk Kabupaten Magelang 2020 bertujuan mendorong partisipasi masyarakat dalam program 10 tahunan tersebut.


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Magelang Sriwiyadi berharap kolaborasi sosialisasi dengan unsur instansi, SKPD, dan swasta yang berada di Kabupaten Magelang bisa menciptakan komunikasi yang luas.


"Sehingga dapat mensukseskan Sensus Penduduk 2020 ini," tandasnya.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar