Senam Semafor Warnai Upacara HUT Pramuka di Mertoyudan

Dilihat 204 kali
Camat Mertoyudan, selaku Ka. Mabiran turut Senam Semaphore dalam kegiatan HUT ke 61 Pramuka Kwarran Mertoyudan.

BERITAMAGELANG.ID - Upacara HUT ke 61 Pramuka tingkat Kwartir Ranting Mertoyudan Kabupaten Magelang, digelar di SD Kartika XII-1 Banyurojo Mertoyudan, Minggu (14/8/2022). Dilengkapi dengan pemasangan 61 umbul umbul dan 61 bendera Pramuka dipasang rapi mengitari komplek SD tersebut. 


Ketua panitia kegiatan tersebut, Sunaryanto Pandu menyampaikan rangkaian acara HUT ke 61 Pramuka ini ditandai dengan giat Senam Semafor Massal yang dilakukan oleh 350 anggota pramuka. Dengan riang gembira penuh semangat peserta upacara berlenggok bergerak mengikuti irama Senam Semaphore.


"Sengaja peserta yang dihadirkan tidak begitu banyak karena masih di suasana waspada covid-19, hanya sekita 350 pramuka perwakilan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Namun, kegiatan tetap berjalan meriah termasuk dalam Senam Semafor," jelas Sunaryanto.


Sebagai Pembina Upacara, Camat Mertoyudan, Daryoko Umar Singgih, yang juga menjabat Kepala Majelis Pembimbing Ranting (ka. Mabiran), menyampaikan dalam amanatnya kepada adik-adik pramuka giat berlatih agar kelak bisa menjadi manusia handal yang mampu meneruskan estafet kepeminpinan. Karena di Pramuka diajarkan tentang disiplin, semangat juang serta moral yang akan melandasi tingkah laku anak- anak yang berkarakter. 


"Pramuka senantiasa mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa, sesuai tema HUT Pramuka tahun ini," ucap Daryoko Umar Singgih.


Upacara yang melibatkan petugas Pramuka Penegak dari Gugus Depan SMAN 1 Kota Mungkid pimpinan Ani Ardi Suprijani ini berjalan lancar. Para petugas sangat terlatih, sehingga apa yang ditugaskan dikerjakan dengan baik bahkan sempurna. Upacara ini selain dihadiri ka. Mabiran, juga dihadiri unsur Mabiran serta ka. Mabigus se Kwarran Mertoyudan. 


Pada penghujung rangkaian acara, tampil pula yang luar biasa persembahan gerak langkah PBB variasi nan elok, persembahan dari Pleton Inti Penggalang MTs Al-Huda Mertoyudan.


Hadir pula sebagai pemantau sekaligus pendamping Kwarran Mertoyudan, Joko Purnomo yang menjabat sebagai Waka Bina Muda Kwarcab Magelang. Menurutnya, upacara HUT Pramuka di Kwarran Mertoyudan adalah upacara terbaik dan teristimewa di Kwarcab Magelang. 


Rangkaian HUT ke 61 Pramuka Kwarran Mertoyudan didahului Acara Ulang Janji, yang bertindak sebagai Pembina Kak Kapten Armed M. Pitoyo yg merupakan bagian dari Unsur Mabiran dari Koramil Mertoyudan. Kemudian petugas Ulang Janji dipercayakan ke Gugus Depan SMAN 1 Mertoyudan asuhan NurKholiq. dalam acara ramah tamah sehabis upacara Ulang Janji diadakan tasyakuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar