Seminar PAUD Nasional Digelar Secara Virtual

Dilihat 113 kali
BERITAMAGELANG.ID - Seminar PAUD Nasional digelar secara virtual dari Ruang Command Center Pustaka Gemilang, Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (19/12/2020).

Seminar ini mengangkat tema 'Menumbuhkan Akhlak Dan Karakter Anak Sejak Usia Dini Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Proses Pembelajaran PAUD (Pendidikan Anak Usai Dini).

Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Tanti Zaenal Arifin sebagai salah satu narasumber menyampaikan soal pengembangan PAUD HI di Kabupaten Magelang dalam menumbuhkan budaya literasi sejak usia dini.

Diketahui pada 2019, Pemerintah Kabupaten Magelang sudah mengeluarkan regulasi terkait pengembangan PAUD HI (Holistik Integratif) yaitu melalui Perbup Nomor 44 Tahun 2019 sebagai pijakan arah pengembangan PAUD di Kabupaten Magelang.

Menurut Tanti, pengembangan PAUD HI sangatlah penting karena di usia 0-6 tahun merupakan periode kritis pengembangan otak manusia yang sering disebut Periode Emas. Selain itu kualitas SDM juga sangat ditentukan oleh kualitas usia dini. 

"Pengembangan PAUD perlu menyeluruh sehingga kebutuhan esensial anak bisa tercukupi yang muaranya adalah kualitas sumber daya manusia ke depannya," ujar Tanti.

Selain itu juga telah dilakukan pembentukan gugus tugas PAUD HI di tingkat kecamatan yang diinstruksikan langsung oleh Sekretaris Daerah, sehingga secara sistematis implementasi PAUD HI dan aksi daerah Kabupaten Magelang diharapkan menjadi lebih tersinergi.

Menurutnya tidak hanya anak-anak PAUD saja yang harus mampu berkembang, namun sebagai pendidik PAUD juga harus memiliki kemampuan terkait literasi digital, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. 

"Meskipun di masa pandemi ini kita harus bisa tetap mampu menyesuaikan diri berkreasi, berinovasi untuk memberikan pendidikan dari rumah melalui digital," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Azis Amin Mujahidin mengatakan, di masa pandemi kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan dilaksanakan melalui jarak jauh, termasuk di PAUD, kualitas pelayanan pendidikan harus terus dijamin agar berjalan dengan baik.

Dalam upaya memberikan layanan pendidikan yang berkualitas di PAUD, Disdikbud Kabupaten Magelang selalu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Dalam pembelajaran jarak jauh tahun ajaran 2020/2021 pihaknya telah bekerja sama dengan Diskominfo untuk melaksanakan pembelajaran melalui radio.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan penyerahan secara simbolis sebuah mobil pintar dari PAUD Institute pusat kepada PAUD Institute di Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar