Mother Culture, Seminar Parenting Mendidik Anak

Dilihat 694 kali
Seminar Parenting dengan tema Mother Culture Raising Yourself While Raising Children, mengajak dewasakan diri sebagai orang tua dalam mendidik anak.

BERITAMAGELANG.ID - Seminar Parenting disampaikan dengan apik oleh narasumber utama, Ellen Kristi, pendiri komunitas Charlotte Mason sekaligus penulis buku "Cinta yang Berfikir", Senin (21/10) dalam Rakor Bakohumas di Ruang Bina Karya Komplek Setda Kabupaten Magelang.


Menurut Ellen, banyak orang tua yang telah mengikuti beragam seminar parenting namun kesulitan menerapkan dalam kehidupan masing-masing. Salah satu penyebabnya adalah, orang tua tersebut masih mempunyai masalah dalam diri mereka.


"Sebelum membangun anak, kita harus membereskan permasalahan dalam diri kita sendiri,” ucap Ellen di hadapan peserta seminar dari IGTKI, PKK kabupaten Magelang dan Himpaudi.


Dengan mengusung tema Mother Culture Raising Yourself While Raising Children karena beban mendidik tidak merata, banyak yang perempuan. 


Menurut Ellen, saat ini suami juga ikut merawat anak. Namun ternyata tidak semua perempuan siap menjadi ibu. Masyarakat sering kali menyuruh perempuan cepat menikah, tidak melihat sudah siap atau belum. 


“Oleh sebab itu perlunya ada mother culture, agar ibu-ibu bisa bisa bertumbuh, maju tidak jalan di tempat atau mundur," papar Ellen.


Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK dan Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin, menyampaikan, meskipun disebut Mother Culture, workshop ini bukan hanya untuk ibu, akan bermanfaat juga bagi para ayah, lebih baik lagi jika hadir berdua pasangan.


Anak pembelajar membutuhkan orangtua pembelajar. Namun kesibukan mengurus anak, mencari nafkah, membereskan rumah, dan memenuhi berbagai kewajiban sosial acap membuat orangtua abai pada pertumbuhan dirinya sendiri.


“Di tengah rangkaian tanpa akhir, to do list sehari-hari, bagaimana orangtua, khususnya ibu, tetap punya waktu dan energi untuk memikirkan dan melakukan perkara-perkara besar, bertumbuh secara spiritual, menjadi pribadi yang makin dewasa dan berbudaya," papar Tanti Zaenal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar