Sembuh 13, Pasien Positif Tinggal Lima Orang

Dilihat 566 kali
Foto ilustrasi: freepik.com
BERITAMAGELANG.ID - Jumlah pasien positif covid-19 berkurang signifikan 13 orang, Selasa (30/6/2020). Sehingga di Kabupaten Magelang saat ini tinggal lima dari 17 orang sebelumnya. Sebanyak lima orang saat ini masih dirawat di rumah sakit.

Meski demikian, hari ini ada tambahan satu pasien positif dari Kecamatan Secang.

"Semoga tidak lama lagi, lima pasien positif yang masih dirawat itu juga akan sembuh. Dengan begitu pandemi ini akan segera berakhir," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Sementara hari ini ada satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari Kecamatan Dukun yang meninggal. Ia seorang perempuan berusia 71 tahun. Sebelumnya, ia dibawa ke RS Aisiyah Muntilan tanggal 28 Juni pukul 22.00 WIB, namun karena kondisinya memburuk, ia dirujuk ke RSUD Tidar tanggal 29 Juni dan akhirnya meninggal. 

"Hasil rapid tesnya menunjukkan almarhum reaktif, sehingga masuk dalam status PDP," katanya.

Selain ada satu PDP meninggal, lanjut Nanda, hari ini ada lima PDP sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Salaman, Pakis, Ngluwar, Borobudur dan Muntilan. Namun demikian, hari ini ada tambahan lima PDP baru. Berasal dari Kecamatan Salaman, Windusari, Muntilan, Dukun dan Kecamatan Secang. 

"Selain itu juga ada satu PDP alih status domisili dari kecamatan Salaman ke Borobudur," imbuhnya.

Orang Dalam Pemantauan (ODP), hari ini ada tiga yang lolos pantau. Sehingga jumlah ODP yang masih dipantau tinggal 16 dari 19 orang sebelumnya. 

"Pasien yang dirawat hingga saat ini, tinggal di RS Jiwa Soerojo Kota Magelang sebanyak tujuh orang dan di RSUD Muntilan juga ada tujuh orang. Untuk tiga rumah sakit rujukan lainnya, meliputi RSUD Tidar, RST Soedjono dan RS Merah Putih, sudah tidak merawat pasien covid-19," ungkapnya.

Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan virus corona masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi imbauan Bupati Magelang, Zaenal Arifin. Yakni menerapkan disiplin pribadi dan kolektif secara bersama-sama di lingkungan masing-masing. Baik disiplin soal bekerja, belajar dan beribadah di rumah. 

"Selain itu juga, wajib memakai masker saat keluar rumah, tidak berkerumun, jaga jarak minimal 1 hingga 2 meter, sering mencuci tangan pakai sabun, konsumsi makanan bergizi, olahraga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar