Update Corona Kabupaten Magelang, Pasien Sembuh Tambah Sembilan Orang

Dilihat 1842 kali
Foto ilustrasi: freepik.com
BERITAMAGELANG.ID - Jumlah pasien positif covid-19 yang dinyatakan sembuh di Kabupaten Magelang terus bertambah, Sabtu (30/5/2020). Kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, ada tambahan sembilan orang sembuh. Enam diantaranya berasal dari Kecamatan Secang, sisanya dari Kecamatan Borobudur, Ngablak dan Sawangan.

"Sembilan terkonfirmasi positif yang sembuh hari ini, semuanya ada riwayat dengan orang yang bepergian dari Gowa maupun yang kontak erat dengan mereka," ungkap Nanda. 

Sebelumnya, mereka dirawat di Rumah Sakit Merah Putih. Dengan adanya tambahan sembilan ini, total pasien positif yang sembuh ada 36 orang.

Selain itu, kata Nanda, hari ini juga ada tambahan satu orang terkonfirmasi positif. 

"Seorang pria dari Kecamatan Windusari. Sebelumnya, ia bekerja di Semarang dan masuk rumah sakit 28 Mei kemarin. Hasil swab yang bersangkutan dinyatakan positif dan saat ini dirawat di rumah sakit jiwa (RSJ) Soerojo Kota Magelang," jelasnya. 

Sehingga total pasien positif covid-19 di Kabupaten Magelang kini menjadi 64 orang.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada satu yang meninggal. Ia perempuan dari Kecamatan Salam. 

"Informasi yang kami terima, sebelumnya almarhum masuk Rumah Sakit Tidar pagi tadi, namun siangnya langsung meninggal. Riwayat kontak masih belum jelas. Dengan tambahan satu PDP meninggal ini, jumlah yang meninggal hingga hari ini ada 29 orang, dengan 26 PDP dan tiga orang dari terkonfirmasi positif," imbuhnya.

Sedangkan jumlah PDP yang dirawat, hari ini ada tambahan 8 baru. Mereka berasal dari Kecamatan Mertoyudan dan Secang masing-masing dua orang. Sisanya masing-masing satu dari Kecamatan Kajoran, Mungkid, Salam dan Kecamatan Grabag. 

Selain itu, hari ini juga ada empat PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Mungkid, Tempuran dan dua orang dari Secang. Jumlah PDP yang dirawat kini ada 31 orang. Sementara orang dalam pemantauan (ODP), kini ada 42 orang.

Masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan virus korona masih ada. Karena itu, warga tetap diminta mematuhi himbauan Bupati Magelang, Zaenal Arifin, yakni menerapkan disiplin pribadi dan kolektif secara bersama-sama di lingkungan masing-masing. Baik disiplin soal bekerja, belajar dan beribadah di rumah. 

"Selain itu juga wajib memakai masker saat keluar rumah, tidak mudik, jaga jarak minimal 1 hingga 2 meter, sering mencuci tangan pakai sabun, konsumsi makanan bergizi, olahraga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar