Selamatkan Bangunan Candi Borobudur, Pemerintah Akan Bangun Area Concourse dan Plaza

Dilihat 1865 kali
CONCOURSE. Area concourse dan plaza di komplek Candi Borobudur, sebagai pemecah keramaian beban Candi Borobudur, pembangunan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020.

BERITAMAGELANG - Kawasan Borobudur sebagai destinasi wisata super prioritas, harus diimbangi dengan penyelamatan bangunan cagar budaya tersebut. Untuk mengurangi beban batuan Candi Borobudur, pemerintah akan membangun, Area concourse dan plaza di komplek Candi Borobudur.


Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan, Prasarana, Permukiman Wilayah Satu BBPW Jawa Tengah. Dierjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, mengatakan, secara teknis jalur concourse dan plaza tersebut bertujuan agar beban candi dapat terbagi.


"Dengan adanya jalur concourse dan plaza bertujuan untuk memecah keramaian, agar wisatawan tidak semuanya naik ke atas Candi Borobudur. Karena semakin lama batu candi akan berubah posisi akibat beban pengunjung, dan dikawatirkan akan rusak. Dengan adanya jalur concourse dan plaza, pengunjung cukup berfoto dengan latar belakang Candi Borobudur langsung di jalur tersebut. Jadi harapannya pengunjung tidak perlu naik ke atas Candi," jelas Singgih, Rabu (12/8/2020).


Singgih menerangkan, pembangunan jalur concourse dan plaza tersebut, terkait dengan  program pemerintah, yaitu menjadikan kawasan Borobudur sebagai destinasi wisata super prioritas.


"Hal itu tentunya akan dapat mengundang lebih banyak wisatawan ke kawasan Borobudur. Termasuk ke Candi Borobudur. Oleh karenanya perlu langkah antisipasi agar kondisi Candi Borobudur tetap baik-baik saja," ungkap Singgih.


Adapun untuk pelaksanaan pembangunan Area concourse dan plaza di komplek Candi Borobudur, akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020.


"Dijadwalkan awal Oktober satu paket kontrak dengan pembangunan tiga Gerbang dan Akses Budaya Mendut, Pawon, Borobudur. Pelaksanaan pembangunanya juga bareng atau pararel," papar Singgih.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar