Sekda Kabupaten Magelang Buka POPDA Tingkat Eks Karesidenan Kedu Tahun 2022

Dilihat 1106 kali
Sekretaris Daerah Adi Waryanto saat pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Eks Karesidenan Kedu Tahun 2022 di GOR Gemilang Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID- Bupati Magelang diwakili Sekretaris Daerah Adi Waryanto membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Eks Karesidenan Kedu Tahun 2022 di GOR Gemilang Kabupaten Magelang, Senin (23/5/2022).

Dalam Sambutan, Adi Waryanto mengatakan, POPDA Eks Karesidenan Kedu merupakan ajang terbaik bagi pelajar untuk mencapai prestasi di tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional.

Dalam penyelenggaraan POPDA Tahun 2022 ini bakal mempertandingkan 10 cabang olahraga antara lain, Sepak Bola, Bola Voli, Voli Pasir, Sepak Takraw, Bola Basket, Bola Tangan, Futsal, Taekkwondo, Pencak Silat, Karate dengan peserta dari para pelajar se Eks Karesidenan Kedu. Pertandingan tersebut akan mulai tanggal 23 sampai dengan 26 Mei 2022 mendatang.

"Melalui ajang olahraga ini saya mengharapkan akan terlahir bibit atlet yang potensial untuk diarahkan menjadi atlet terbaik dan mampu berprestasi sebagai wakil Eks Karesidenan Kedu dalam berlaga di Tingkat Provinsi nanti," kata Adi.

Penyelenggaraan POPDA Tingkat Eks Karesidenan Kedu Tahun 2022 di Kabupaten Magelang ini, lanjut Adi, juga sebagai wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Magelang yang secara konsisten mengupayakan pembinaan dan pemasyarakatan olahraga kepada masyarakat dan generasi muda, melalui berbagai macam program kegiatan, seperti POPDA Tingkat Kabupaten, POPDA Tingkat Karesidenan, Tingkat Provinsi Kejuaraan Daerah untuk Pelajar, dan pemberian penghargaan untuk atlet-atlet berprestasi.

Pemerintah Kabupaten Magelang sepenuhnya menyadari, ketika pembinaan dari semua jalur dapat berjalan secara sinergis, harmonis dan berkesinambungan, maka prestasi olahraga akan mudah untuk dicapai, karena pada dasarnya prestasi akan dicapai bila pemantuan bakat berjalan dengan baik.

Menurutnya, pembibitan dan pemantuan bakat dapat dilakukan melalui kompetisi yang teratur terarah dan terprogram sesuai hirarki pembinaan dari tingkat bawah. Karena pembinaan olahraga untuk mencapai prestasi yang tinggi diperlukan waktu yang cukup panjang serta melalui tahapan yang dilalui.

Oleh karena itu momen penyelenggaraan POPDA Tingkat Eks Karesidenan Kedu juga dapat menjadi kekuatan untuk mengubah dunia, menginspirasi, mempersatukan manusia, menciptakan harapan di masa depan bagi generasi muda, dan bangsa Indonesia.

"Kepada Para Atlet dan Official POPDA Eks Karesidenan Kedu, saya ucapkan selamat datang dan selamat berjuang dalam meraih prestasi yang terbaik. Saya berpesan kepada seluruh elemen peserta POPDA Tahun 2022 agar selalu menjunjung tinggi kejujuran dan sportifitas dalam bertanding," ucap Adi.

Hal senada juga disampaikan oleh, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Ahmad Husein dalam laporannya mengatakan, olahraga merupakan bagian dari program pembangunan manusia Indonesia yang seutuhnya harus diselenggarakan dengan cara bertahap, berjenjang dan berkesinambungan mulai usia dini hingga dewasa, demi tercapainya sasaran prestasi olahraga yang membanggakan di tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional.

Pembinaan dibidang olahraga POPDA tingkat Eks Karesidenan Kedu tahun 2022 guna mempersiapkan atlet menghadapi POPDA tingkat Provinsi Jawa Tengah, sekaligus sebagai ajang seleksi dan evaluasi hasil pembinaan olahraga pelaksanaan POPDA yang dilaksanakan di Kabupaten Magelang. 

Maksud dan tujuan diadakan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Eks Karisidenan Kedu bisa memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan, menyalurkan minat bakat pelajar, ajang seleksi atlet pelajar, mengukur pembinaan Olahraga pelajar, dan memotivasi pengembangan potensi Atlet.

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah pelajar di tingkat Eks Karesidenan Kedu, Jumlah Cabang Olahraga 10 Cabor dan total peserta 830 atlet," terang, Husein.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar