Sejumlah Wartawan Magelang Jalani Swab Test Covid-19

Dilihat 1345 kali
BERITAMAGELANG.ID - Sebagai tindakan preventif penyebaran Covid-19, sebanyak 12 orang yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang, mengikuti swab test di Puskesmas Borobudur, Jumat (27/11/2020). Kegiatan ini difasilitasi Pemkab Magelang melalui Satgas Penanganan Covid-19.

"Swab test dilakukan karena mobilitas wartawan yang tinggi dan sering bertemu dengan banyak narasumber dari berbagai kalangan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Ditambahkan Ketua PWI Kabupaten Magelang, Y Bagyo Harsono, swab test merupakan antisipasi dalam menjaga kesehatan terutama dari penyebaran Covid-19.

"Apalagi ada salah satu narasumber yang pernah ditemui wartawan positif Covid-19. Swab ini sebagai langkah antisipasi saja," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga memberikan klarifikasi terhadap informasi yang beredar secara masif di jejaring sosial grup whatsapp. Dalam informasi itu disebutkan, ada salah satu wartawan media cetak nasional di Tegal yang hasil swabnya positif. Ia diduga terpapar usai mewawancarai Kepala Pelaksana BPBD Magelang beberapa hari lalu. Lalu, sudah ada 14 orang yang ikut wawancara juga hasil swabnya positif.

"Sampai saat ini tidak ada wartawan Magelang yang positif Covid-19. Setelah liputan kunjungan kepala BNPB, wartawan juga masih melaksanakan tugas sebagaimana biasa. Hari ini teman-teman melaksanakan swab test karena kesadaran mereka sendiri," tegasnya.

Bagyo mengingatkan agar rekan-rekan wartawan tetap disiplin protokol kesehatan. Selalu memakai masker, cuci tangan memakai sabun dan jaga jarak.

"Hasil swab ini akan diketahui tiga hari hingga satu minggu kemudian," imbuhnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar