Sejumlah Masyarakat Wisata dan Seniman Peringati HUT Proklamasi ke 75 RI

Dilihat 1098 kali
Wisatawan Gereja Ayam dengan salam semangat kemerdekaan saat detik-detik Proklamasi, Senin, (17/8/2020)
BERITAMAGELANG.ID - Sejumlah masyarakat wisata di Kabupaten Magelang, ikut memperingati HUT Proklamasi ke 75 Republik Indonesia, Senin (17/8/2020). Mereka memperingati dengan cara yang berbeda-beda, seperti upacara dan berhenti beraktivitas sejenak saat detik-detik Proklamasi.

Seperti di obyek wisata Ketep Pass, Sawangan lereng Merapi, para karyawan melaksanakan upacara HUT Proklamasi ke 75 Republik Indonesia. Di bawah cerahnya cuaca dan langit yang biru, upacara berlangsung khidmat. Apalagi gunung Merapi juga nampak bersahabat terlihat gagah tanpa awan yang menyelimuti. Upacara ini juga diikuti kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan para pedagang  setempat dengan jumlah yang terbatas.

Upacara dipimpin Kabag Promosi dan Pemasaran Ketep Pass, Edwar Alfian. "Upacara ini untuk mengenang jasa perjuangan pahlawan sekaligus menjaga dan memupuk jiwa nasionalisme dan cinta tanah air," kata Edward.

Upacara juga dilaksanakan di obyek wisata Kedung Kayang Sawangan. Upacara berlangsung di halaman depan obyek wisata melibatkan karyawan dipimpin oleh Surono. Bahkan pengunjung yang datang juga ikut terlibat dalam upacara yang berlangsung khidmat.

Surono, mengatakan, upacara ini diadakan sebagai bentuk cinta tanah air atau NKRI. "Juga untuk meningkatkan jiwa patriotisme pada kita semua. Kita libatkan juga pengunjung yang kebetulan sudah datang ke obyek wisata ini," kata Surono.

Sementara itu, sejumlah wisatawan yang sedang berkunjung ke Gereja Ayam di Borobudur, juga melakukan hal sama. Mereka berhenti sejenak dari segala aktivitas tepat detik-detik proklamasi pukul 10.17 wib. Mereka secara kompak melakukan salam semangat kemerdekaan RI dari atas Gereja Ayam.

Sejumlah pemandu wisata juga menghentikan akvitas mereka saat detik-detik proklamasi. "Meski sedang mengantar tamu wisata, kita juga melakukan penghormatan saat detik-detik proklamasi. Wisatawan juga melakukan hal sama. Mereka penuh kesadaran menghormati bangsa Indonesia dengan menghentikan aktivitas wisatanya dengan melakukan penghormatan dan melakukan salam semangat kemerdekaan RI," kata Cemplon, salah satu pemandu wisata di Borobudur.

Selain masyarakat wisata, para seniman juga mengheningkan cipta selama 3 menit di bendungan Ancol Ngluwar Kabupaten Magelang.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar