Ini Gaya Bupati Magelang Saat Jadi Motivator Bagi Guru SD

Dilihat 79 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP. beri pembinaan dan pendidikan karakter bagi para Guru SD di Balai Muslimin Kecamatan Sawangan, Kamis (11/10)

BERITAMAGELANG.ID - Sejumlah pengawas dan Guru SD kelas III negeri serta swasta dari lima kecamatan di Kabupaten Magelang mengikuti pembinaan dan pengembangan pendidikan karakter oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP. di Balai Muslimin Kecamatan Sawangan, Kamis (11/10).

"Mari kita teguhkan tekad kita bersama untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Magelang. Maju tidaknya pendidikan itu ada di tangan kita, kalau itu kita niati dengan tulus ikhlas hati semata mata untuk beribadah, untuk menjadi pengabdi, itu tidak ada yang berat," demikian disampaikan Bupati Magelang di sela kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Bupati Magelang juga menjelaskan tugas ke depan jauh lebih berat seiring dengan tantangan, perkembangan, globalisasi, dan persaingan dengan negara lain.

"(Negara) tetangga kita ini sudah di depan mata, perkembangan teknologi yang luar biasa, sekarang tidaklah mudah mengajak anak-anak kita untuk tidak mengunakan gadget karena tugas yang tidak ringan inilah mari kita bekerja bersama, bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas untuk bagaimana kita untuk menaklukan tantangan dunia," ajak Bupati yang menyampaikan materinya sambil berdiri di hadapan ratusan guru SD.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Drs. Haryono, M.Pd. mengatakan, untuk mendidik karakter anak-anak, kita dihadapakan berbagai masalah yang cukup kompleks dan sulit.

"Baik radikalisme, masalah intoleransi ini sangat menganggu anak-anak kita terutama pada sikap kebhinekaan, nasionalisme, hingga ini menjadi perhatian kita bersama. Di samping itu, banyak bullying, narkoba, kekerasan, tawuran pelajar dan derasnya budaya asing yang tidak sesuai budaya kita," beber Haryono. 

Haryono menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat dan memperkokoh pendidikan karakter di sekolah.

''Baik itu melalui integrasi dalam mata pelajaran, ekstra kurikuler, dengan pembiasaan maupun melalui suri teladan," tambahnya.

Sebanyak lima kecamatan mengikuti pembinaan dari Bupati Magelang, meliputi Sawangan, Mungkid, Mertoyudan, Candimulyo dan Borobudur.

Hadir mendampingi Bupati dalam acara tersebut Asisten Pemerintahan Setda Drs. Eko Triyono, Kepala Bappeda dan Litbangda sekaligus Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Sugiyono, M.Si., Kabag Humas Protokol Purwanto S.Sos., Camat Sawangan Drs. Wisnu Argo Budiono, MM. serta jajaran Forkompimcam setempat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar