Segarnya Sendang Maren, Mata Air Alami dari Sawangan Magelang

Dilihat 2214 kali
Dok. Wisata Magelang Ilustrasi Pemandian Umum Sendang Maren Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Mengulik wisata di Magelang tidak akan pernah ada habisnya. Daerah yang 'dikepung' lima gunung ini memiliki banyak tempat wisata. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata buatan, hingga wisata kuliner semua ada di Magelang.

Magelang menjadi destinasi saat wisatawan butuh tempat pelarian dari rutinitas. Terlebih bagi mereka yang ingin merasakan kesegaran dan kesejukan. Seperti salah satu destinasi di Magelang yang menyajikan suasana alami yaitu Sendang Maren.

Sendang Maren mungkin banyak orang yang belum tahu tempat ini karena memang bukan tempat wisata, melainkan tempat pemandian umum. Sendang Maren adalah sebuah mata air di lingkungan yang masih alami. Lokasinya berada di Desa Maren, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Semula Sendang Maren hanya digunakan oleh penduduk Desa Maren dan sekitarnya untuk mandi atau kebutuhan lainnya. Namun beberapa waktu belakangan ini, mata air alami ini mulai banyak didatangi oleh orang-orang dari luar daerah untuk berenang atau sekedar foto-foto.

Air nya yang jernih seakan menyegarkan hati dan rasanya pengen langsung nyebur dan merasakan segarnya air alami. Apalagi lokasinya alami dan dikelilingi banyak pohon-pohon besar.

Gemericik air jernih Sendang Maren menjadi daya tarik buat orang untuk mendatanginya. Seperti salah satu Wisatawan asal Yogyakarta yaitu Laras yang rela jauh-jauh mengunjungi Sendang Maren untuk melepas kepenatan.

"Segar, airnya jernih, suasananya sejuk. Pokoknya enak banget buat yang suka renang dan tempatnya juga sepi dan menenangkan, jadi bisa melepas kepenatan juga," kata Laras.

Meski kedalaman mencapi 2 meter untuk wisatawan yang tidak mampu berenang, tetapi pengunjung bisa menikmati pemandangan bawah air seperti bebatuan, ikan dan lebih dari satu tanaman bawah air sangatlah terlihat.

"Berenang di pemandian Sendang Maren, tidak ada tarif masuk alias gratis, dan pengunjung cukup membayar parkir saja," terang Laras

Saat ini Sendang Maren dikelola oleh PDAM Tirta Gemilang dan digunakan sebagai sumber mata air untuk beberapa wilayah di Kabupaten Magelang.

Meski tak seramai wisata lainnya, tapi saat hari libur sebagian warga setempat mendirikan warung kecil-kecilan untuk pengunjung yang perlu jajanan atau minuman. Hal tersebut dapat mendukung warga untuk memperoleh tambahan dari mata pencahariannya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar