Sebuah Rumah Di Dusun Prampelan Ludes Terbakar, Jumlah Kerugian Mencapai Rp 100 Juta

Dilihat 475 kali
Petugas Damkar Kabupaten Magelang Pada Saat Melakukan Pemadaman Kebakaran Rumah Di Dusun Prampelan.

BERITAMAGELANG.ID-- Sebuah rumah milik, Trimo warga Dusun Prampelan, Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang ludes dilalap si jago merah dini hari sekitar pukul 00.12 WIB, Sabtu (19/9/2020). Diduga karena korsleting pada lampu depan rumah korban, sementara saat itu rumah dalam keadaan kosong ditinggal pergi oleh pemiliknya.


Kronologi terjadinya kebakaran sendiri bermula pada saat pukul 20.00 WIB rumah sedang ditinggal pergi oleh penghuninya dengan keadaan lampu depan rumah berkedip. Kemudian sekira pukul 23.45 WIB diketahui mulai terlihat titik api dari bagian lampu depan rumah korban dan mulai terjadi kebakaran hebat pada pukul 00.12 WIB. Melihat kondisi tersebut, warga sekitar langsung melapor pada pihak Damkar Kabupaten Magelang.

Setelah mendapat laporan dari warga, tim regu piket damkar langsung berangkat ke lokasi dengan mengirimkan 4 unit mobil pompa, 2 unit tangki suplay, unit rescue serta ambulance. Setelah sampai ke TKP, petugas langsung melakukan penanganan dengan memangkas kobaran api. Sekira pukul 02.00 WIB akhirnya api berhasil dipadamkan.

"Untuk dugaan sementara, telah terjadi korsleting pada bagian lampu depan rumah (teras) korban sehingga menimbulkan percikan api yang mengakibatkan kebakaran besar. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran rumah ini, kendati demikian jumlah kerugian material yang ditimbulkan ditafsir mencapai Rp 100 juta," ungkap, Bagian Humas Damkar Kabupaten Magelang, Yoga Subarkah.

Lanjut Yoga, dari peristiwa kebakaran tersebut petugas juga berhasil menyelamatkan satu masjid dan sepuluh rumah lainnya yang berada di sekitar TKP.

"Beruntung regu piket damkar dibantu warga Prampelan bisa segera memangkas api sehingga api tidak menjalar pada rumah dan masjid di sekitar TKP," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Yoga juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati pada saat akan meninggalkan rumah, terutama harus melakukan cek pada bagian rumah yang berhubungan langsung dengan listrik, salah satunya adalah lampu.

"Memang terkadang masyarakat jarang sekali memeriksa komponen listrik pada rumah, contohnya lampu dan stop kontak. Ada baiknya komponen tersebut juga sering dikontrol. Kalau memang sudah aus lebih baik diganti dari pada menimbulkan korsleting listrik," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar