Satu Pasien Positif Sembuh, Bayi PDP Meninggal

Dilihat 2910 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang Sabtu (25/7/2020), kembali bertambah satu orang. Ia adalah seorang laki-laki berusia 53 tahun dari Kecamatan Secang. Meski ada tambahan satu, namun juga ada satu pasien positif yang dinyatakan sembuh setelah hasil swab keduanya negatif. Ia merupakan seorang perempuan, warga Kecamatan Candimulyo.


"Untuk tambahan satu pasien positif ini, merupakan alih status dari pasien dalam pengawasan (PDP). Sebelumnya yang bersangkutan dirawat di RSI Kota Magelang tanggal 20 Juli. Namun kemudian dirujuk ke RST tanggal 22 Juli dan hasil swabnya tertanggal 23 Juli dinyatakan positif," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Dengan tambahan satu baru dan seorang pasien positif sembuh ini, kata Nanda, jumlah yang dirawat tetap sembilan (9) orang. "Untuk jumlah akumulasi pasien positif, saat ini ada 159 orang. Terdiri dari 9 dirawat, 145 sembuh dan lima orang meninggal," lanjutnya.


Sementara untuk PDP, hari ini ada bayi yang meninggal. Ia merupakan warga Kecamatan Kaliangkrik, yang lahir tanggal 28 Juni kemarin. "Pertama kali dirawat di RSU Tidar tanggal 1 Juli. Selama ini, almarhum telah di swab sebanyak dua kali dan hasilnya negatif. Almarhum meninggal tanggal 24 Juli kemarin," ungkapnya.


Selain ada yang meninggal, PDP hari ini juga ada tambahan baru. Mereka berasal dari Kecamatan Secang, Srumbung dan Grabag. Kemudian juga ada yang alih status ke positif dan meninggal. Meski demikian, hari ini juga ada dua PDP yang dinyatakan sembuh. "Dua PDP sembuh ini, berasal dari kecamatan secang dan dukun. Sementara untuk jumlah kumulatifnya, ada 330 orang. Rinciannya, 8 dirawat, 280 sembuh dan 42 meninggal. Sedang untuk orang dalam pemantauan, hari ini ada satu yang lolos pantau. Namun demikian ada dua ODP baru. Sehingga ODP yang masih dalam pemantauan ada 14 orang," imbuhnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar