Satu Pasien Positif dari Secang, Sembuh

Dilihat 1963 kali
foto ilustrasi AntaraNews.com

BERITAMAGELANG.ID - Perkembangan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang Senin (13/7/2020), sudah dua hari ini tidak ada (zero) penambahan pasien baru. Namun demikian, ada satu tambahan pasien positif sembuh setelah hasil swab keduanya negatif. Ia berasal dari Kecamatan Secang. Sebelumnya, ia dirawat di RS Karyadi Semarang.


"Untuk jumlah kumulatif pasien positif, masih sama dengan kemarin, yakni 147 orang. Terdiri dari pasien dirawat ada empat orang, sembuh ada 139 orang dan meninggal ada empat orang. Satu tambahan sembuh itu, dari Kecamatan Secang. Sebelumnya, ia dirawat di RS Karyadi," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), ada tambahan dua orang. Mereka berasal dari Kecamatan Mungkid dan Tegalrejo. Meski demikian, hari ini ada PDP sembuh, berasal dari Kecamatan Borobudur. "Dengan adanya PDP baru dan yang sembuh itu, jumlah kumulatifnya menjadi 306 orang. Terdiri dari 11 dirawat, 259 sembuh dan 36 meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), hari ini ada tambahan lima orang. Praktis, jumlah yang dipantau kini menjadi 21 orang," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya. 


Sementara selama dua hari ini, Senin dan Selasa (13-14/7/2020), Tim GTPP Covid-19 melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, mengambil swab untuk warga yang kontak erat dengan empat pasien positif di Kecamatan Mertoyudan dan satu dari Salaman. "Hari ini dan besok, tim dari puskesmas Mertoyudan dan Salaman, mengambil swab untuk 29 orang yang kontak erat dengan pasien positif di Mertoyudan dan Salaman itu," imbuh Koordinator Bidang Operasional GTPP Covid-19 Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti.


Disampaikan Retno yang juga Kepala Dinas Kesehatan itu, hasil swab selanjutnya akan dikirim ke laboratorium di Salatiga. "Semoga hasilnya tidak lama sudah kita dapatkan. Biasanya, sekitar satu minggu hasilnya sudah dikirim," ungkapnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar