Hari Ini Satu Pasien PDP Meninggal, Dua Sembuh

Dilihat 2594 kali
Foto ilustrasi PikiranRakyat.com
BERITAMAGELANG.ID - Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kecamatan Grabag, meninggal Rabu (15/7/2020). Tambahan satu PDP meninggal ini, jumlah kumulatif yang meninggal akibat Covid-19 di Kabupaten Magelang, menjadi 41 orang. Terdiri dari 37 dari PDP dan empat orang dari pasien terkonfirmasi positif. Meski ada yang meninggal, hari ini juga ada dua PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Kajoran dan Dukun.

"Selain ada yang sembuh dan meninggal, hari ini juga ada empat PDP baru. Dua diantaranya dari Kecamatan Tegalrejo dan masing-masing satu dari Kecamatan Grabag dan Mertoyudan. Untuk jumlah kumulatif PDP hingga saat ini, ada 312 orang. Terdiri dari 10 dirawat, 37 meninggal dan 265 sudah dinyatakan sembuh," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Sementara untuk pasien terkonfirmasi positif, sudah empat hari ini zero penambahan baru. Meski demikian, masih ada tiga pasien positif yang dirawat di rumah sakit. Mereka berasal dari Kecamatan Secang, Mertoyudan dan Salaman. "Untuk jumlah kumulatif pasien positif hingga saat ini, ada 147 orang. Rinciannya, tiga dirawat, 140 sembuh dan empat meninggal," jelasnya.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), ada dua yang lolos pantau. Hanya saja ada tambahan lima ODP baru. Sehingga total ODP yang dipantau hingga saat ini, ada 29 orang. "Untuk jumlah orang yang dirawat akibat Covid-19 dari Kabupaten Magelang, total ada 13 orang. Mereka dirawat di RSUD Tidar ada lima orang, RSJ Soerodjo tiga orang, RS Merah Putih dua orang, RS Paru Ariowirawan Salatiga ada dua orang dan RS UNS ada satu orang," ungkapnya.

Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar