Satu Lagi Wisatawan Candi Borobudur Terpapar Covid-19

Dilihat 1512 kali

BERITAMAGELANG.ID - Satu lagi wisatawan yang akan berekreasi ke Candi Borobudur, Minggu (01/11/2020) dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Ia berasal dari Semarang. Total selama lima hari ini, ada empat wisatawan yang terpapar Covid-19. Selain dari Semarang, sebelumnya ada dari Trenggalek, Medan dan Tangerang. 


Mereka diketahui positif, berdasarkan hasil rapid dan swab test yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, di halaman TIC Borobudur sejak 28 Oktober 2020. 


“Bagi empat wisatawan yang dinyatakan terkonfirmasi positif itu, sesuai SOP mereka kami minta pulang dan melakukan isolasi mandiri. Jika membutuhkan penanganan lebih lanjut, diminta segera menghubungi fasilitas kesehatan (faskes) terdekat," kata Kepala Dinkes Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti.


Disampaikan Retno yang juga Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, hasil rapid dan swab test tadi, dari 150 sample ada 12 reaktif. Namun setelah dilanjutkan swab test, hanya satu yang positif. 


“Total selama lima hari ini, kami telah melakukan 755 rapid test. Dari sebanyak itu, ada 710 non reaktif dan 45 reaktif. Selanjutnya dari 45 yang reaktif itu, hanya ada empat yang positif. Mereka berasal dari Semarang, Trenggalek, Medan dan Tangerang," jelasnya.


Untuk diketahui, selain di Kabupaten Magelang, rapid test dan swab ini juga dilakukan di enam lokasi yang lain. Meliputi Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Wisata Dusun Semilir Semarang, Wisata Dieng Wonosobo, Wisata Owabong Purbalingga, Wisata Tawangmangu Karanganyar dan Terminal Pati. 


Kegiatan ini sebagai tindaklanjut arahan Gubernur Jawa Tengah, nomor: 440/7813/3 tertanggal 26 Oktober 2020. 


“Tujuannya menghadapi libur panjang dan sebagai antisipasi dan deteksi dini Covid-19 di Jawa Tengah," pungkas Retno.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar