Satu Lagi Pasien Positif di Magelang, Sembuh

Dilihat 1554 kali
ilustrasi : BoganiNews.com
BERITAMAGELANG.ID - Satu lagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Selasa (14/7/2020) dinyatakan sembuh setelah hasil swab keduanya negatif. Ia adalah warga Kecamatan Borobudur. Praktis kini tinggal tiga pasien positif yang dirawat di rumah sakit, mereka berasal dari Kecamatan Secang, Salaman dan Mertoyudan.

"Hari ini ada satu lagi pasien positif yang sembuh. Jadi sekarang tinggal tiga yang masih dirawat di rumah sakit. Dua diantaranya, merupakan pasien baru. Yakni seorang anak kecil berusia 9 tahun dari Mertoyudan dan seorang tenaga kerja kesehatan (nakes) dari Kecamatan Salaman. Semoga tidak ada tambahan lagi, sehingga pandemi ini segera berakhir," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Meski ada tambahan satu pasien positif sembuh, kata Nanda, tidak merubah jumlah kumulatifnya. Saat ini, masih sama dengan kemarin, yakni 147 orang. Rinciannya, tiga dirawat, 140 sembuh dan empat meninggal. "Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada tambahan dua pasien baru. Satu dari kecamatan kajoran dan satu lagi dari kecamatan grabag. Meski demikian, hari ini ada juga empat PDP yang sembuh. Tiga diantaranya dari kecamatan sawangan dan satu dari kecamatan dukun. Untuk jumlah kumulatifnya, kini menjadi 308 orang. Terdiri dari 9 dirawat, 263 sembuh dan 36 meninggal," lanjutnya.

Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), kini ada 26 orang yang dipantau. "Sebenarnya, hari ada dua yang lolos pantau, namun ada tujuh ODP baru. Sehingga jumlah ODP yang saat ini dipantau, ada 26 orang. Sementara untuk jumlah orang yang dirawat akibat covid-19 di Kabupaten Magelang, total ada 13 orang. Mereka tersebar di RSUD Tidar tiga orang, RSJ Soerodjo dua orang, RS Merah Putih ada empat orang, RS Paru Ariowirawan Salatiga dua orang dan RSU UNS ada satu orang," ungkapnya.

Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya. 

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar