Satu Keluarga Positif Korona

Dilihat 11412 kali
Ilustrai : Pikiran Rakyat.com

BERITAMAGELANG.ID - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Jumat (10/7/2020), bertambah empat orang. Meliputi laki-laki usia 72 tahun, perempuan 63 tahun, laki-laki 14 tahun dan perempuan berusia 9 tahun. Mereka semuanya merupakan satu keluarga dari Kecamatan Mertoyudan. Dari hasil tracing yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, mereka terpapar dari anaknya yang bepergian dari Jakarta.


"Selain bepergian dari Jakarta, anaknya itu sebelumnya juga pernah menjalani perawatan di RSUD Tidar karena covid-19. Namun setelah beberapa hari menjalani perawatan intensif, sudah dinyatakan sembuh setelah hasil swab keduanya dinyatakan negatif," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Dengan tambahan empat pasien positif ini, kata Nanda, jumlah pasien positif yang dirawat menjadi 7 dari tiga orang sebelumnya. "Kini jumlah kumulatif pasien positif di Kabupaten Magelang, menjadi 149 orang. Rinciannya, tujuh dirawat, empat meninggal dan 138 sembuh," lanjutnya.


Selain tambah 4 positif, hari ini juga ada dua penambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Keduanya merupakan warga Kecamatan Sawangan. Namun demikian, ada empat PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Salam, Grabag, Srumbung dan Kecamatan Pakis. "Dengan tambahan dua baru dan empat sembuh, jumlah kumulatif PDP menjadi 300 orang. Terdiri dari delapan dirawat, 36 meninggal dan 256 sembuh," jelasnya.


Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), kini jumlahnya tinggal delapan orang yang masih dalam pemantauan. "Untuk yang dirawat di rumah sakit, kini ada 14 orang. Terdiri dari dua orang di RSUD Tidar, RSJ Soerodjo ada tiga orang, 4 orang di RSUD Muntilan, tiga dari RS Merah Putih dan masing-masing satu orang dari RST Soedjono serta RS Karyadi," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP.


Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar