Sastrawan Ajip Rosidi Suami Nani Wijaya Meninggal Dunia, Jenazahnya Di Makamkan di Pabelan

Dilihat 140 kali
Upacara pemakamannya almarhum sastrawan Ajip Rosidi di kediaman, Pabelan I Mungkid kabupaten Magelang, Kamis (307/2020)

BERITAMAGELANG.ID - Sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi, suami artis senior Nani Wijaya, meninggal dunia saat dalam perawatan di RSUD Tidar Kota Magelang, Rabu (29/7/2020) malam. Almarhum meninggal dunia di usia 82 tahun.


Menurut putri almarhum, Titis Nitiswari, ayahnya yang tinggal di desa Pabelan I, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, dilarikan ke RSUD Tidar pada Kamis (23/7/2020) lalu, setelah terjatuh di rumahnya dan mengalami cedera di otak. Hari Sabtu lalu sempat menjalani operasi dan berhasil. Namun setelah itu mengalami kejang dan akhirnya meninggal dunia.


Jenazah sastrawan asal Jatiwangi, Kabupaten Majalengka Barat ini, dimakamkan di pemakaman keluarga di desa Pabelan I Mungkid, atau masih satu komplek dengan rumahnya. Ia dimakamkan berdekatan dengan makam almarhum istri pertamanya.


Suasana duka nampak menyelimuti kediaman almarhum. Istrinya, artis Nani Wijaya tidak kuasa menahan tangis. Ia didampingi anak-anak almarhum dari istri pertama dan saudara yang lain.


Sejak semalam, sudah banyak pelayat yang melaksanakan sholat jenazah. Hingga menjelang pemakaman, ratusan pelayat juga secara bergantian melaksanakan shalat jenazah dan memberikan doa. Mereka sebagian besar para santri dari Ponpes Pabelan dan Ihsanul Fikri. Juga teman-teman almarhum dari Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Pabelan. Rumah almarhum memang tidak jauh dari Ponpes Pabelan dan Ihsanul Fikri.


Upacara pemakaman berlangsung khidmat. Dipimpin kaum setempat kemudian dihantarkan dengan tausyiah dari Ketua IPHI Pabelan. Juga sambutan Eri Anjar Harja Pamungkas, perwakilan Yayasan Rancage yang didirikan almarhum dan beberapa teman sastrawan.


Deretan karangan bunga berdatangan dari beberapa tokoh, diantaranya Mentri Pendidikan Nadim Anwar Makarim dan Gubernur DKI Anis Bawesdan.


Para sastrawan dan budayawan Magelang juga nampak melayat. Seperti tokoh Lima Gunung, Sutanto Mendut dan kolektor lukisan sekaligus sehabat dekat almarhum, Oei Hong Djien.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar