Sambut Hari Kesiapsiagaan Bencana, Warga Merapi Serentak Bunyikan Kentungan

Dilihat 1082 kali
Peringati HKB warga Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang menabuh kentungan beramai-ramai Senin (26/04/2021).
BERITAMAGELANG.ID - Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) warga Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang beramai-ramai membunyikan kentungan, Senin (26/4/2021).

Salah satu perangkat Desa Dukun, Ulwan menceritakan, giat membunyikan kentungan bersama ini merupakan koordinasi jajaran Pemerintah Desa Dukun sesuai imbauan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo agar masyarakat berpartisipasi dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021 dengan melakukan latihan serentak yang ditandai dengan bunyi sirine, lonceng maupun kentungan.

"Untuk pemukulan kentongan tadi serentak pukul 10.00 WIB di 18 dusun ada yang keliling, atau di rumah sendiri-sendiri," kata Ulwan. 

Menurutnya, Desa Dukun berada di Kawasan Rawan Bencana II berjarak sekitar 12 km dari potensi bahaya erupsi Gunung Merapi.

Irama kentungan yang bersahutan itu, lanjut Ulwan, menjadi penanda warga siap untuk selamat, siaga selalu dari setiap bencana termasuk erupsi dari Gunung Merapi maupun bencana yang lain. 

Kearifan lokal sederhana itu membuat warga bersemangat, mulai dari ibu rumah tangga hingga anak-anak berjalan kaki keliling kampung sambil mengajak setiap warga untuk ikut serta. 

Bahkan ada sebagian warga juga menabuh kentungan di pelataran rumah, masjid dan sawah.

"Hal ini untuk membangun kesadaran akan kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi ancaman bahaya di lingkungan sekitanya," jelas Ulwan.

Ulwan mengungkapkan, warga Dukun terus menjaga kelestarian alam agar hidup damai bersama gunung teraktif di dunia, Merapi.

Selain menabuh kentongan, warga juga rutin jaga malam untuk memantau perkembangan Gunung Merapi dan keamanan lingkungan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar