Ruas Jalan Magelang - Kaliangkrik Akan Diperlebar

Dilihat 1645 kali
Pembangunan jalan Kaliangkrik - Bandongan diawali dengan saluran drainase, agar air tidak meluap ke jalan dan menjadi keluhan masyarakat
BERITAMAGELANG.ID - Pembangunan jalan Magelang - Kaliangkrik dilakukan untuk meningkatkan kualitas jalan utama. Sebelumnya, banyak keluhan dari masyarakat, sering banjir saat hujan karena limpahan air dari drainase.

"Perbaikan dimulai pada Senin (29/3/2021), titik kegiatannya masih di seputar Balai Desa Trasan. Dimulai di titik-titik yang tidak menimbulkan potensi kemacetan antisipasi lebaran. Pasca lebaran pembangunan baru dimaksimalkan. Saat ini baru fokus drainase dulu," ucap Anggota Komisi 4 DPRD Kabupaten Magelang, Edi Gunawan, Selasa  (30/3/2021).

Edi menerangkan, saat pembangunan dilaksanakan, pendampingan warga juga perlu untuk meminimalisir dampak negatif, potensi banjir pasca perbaikan, agar nilai manfaatnya bisa maksimal. 

Waktu pelaksanaan peningkatan jalan tersebut akan berlangsung selama 240 hari. Sementara sumber dana berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus) dengan nilai pagu Rp28.500.000.000 dan nilai kontrak Rp26.770.916.000. Anggaran tersebut dengan target pelebaran ruas jalan dari 4 meter menjadi 7 meter sepanjang 6,4 km.

Sebelumnya, Kepala PU Bina Marga Propinsi Jawa Tengah, diwakili Barkah Widiharsono menyampaikan peningkatan jalan tersebut akan dilakukan berjenjang.

Nanti juga akan dibantu dari pengamat jalan. Dan untuk pekerjaan rencana mulai 1 Maret sampai 26 Oktober 2021 dengan mendapat bantuan DAK pusat yang cukup besar kurang lebih Rp 28,5 miliar.

"Jadi untuk paket pembangunan ruas jalan Magelang - Kaliangkrik ini dapat berjalan cepat dan kondusif," harapnya.

Plt. Camat Bandongan Daryono Umar Singgih menyambut baik pembangunan ruas jalan wilayah Bandongan. 

"Saat musim hujan ini, menimbulkan banyak keluhan masyarakat melalui sosial media terkait kondisi jalan tersebut. Dan informasi tersebut sampai ke anggota DPRD dan pada saat ini kita merasa bahagia bahwa dari anggota DPRD Jateng serta instansi terkait akan memberikan pencerahan terkait dengan pembangunan ruas jalan Magelang Bandongan Kaliangkrik," tuturnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar