RSUD Muntilan Melaunching Aplikasi Sistem Pendaftaran Online "Simponi"

Dilihat 406 kali
Bupati Magelang, Zaenal Arifin yang didampingi oleh Direktur RSUD Muntilan, M Syukri, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, dan Sekretaris Daerah (Sekda), Adi Waryanto saat melaunching aplikasi Simponi.

BERITAMAGELANG.ID-- Sesuai dengan keinginan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang untuk mewujudkan Smart City, utamanya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih mudah dan optimal kepada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muntilan melaunching aplikasi sistem pendaftaran secara online (Simponi).


Aplikasi Simponi tersebut dilaunching secara langsung oleh, Bupati Magelang, Zaenal Arifin yang didampingi oleh Direktur RSUD Muntilan, M Syukri, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, dan Sekretaris Daerah (Sekda), Adi Waryanto.

"Launching Aplikasi Simponi ini dalam rangka mewujudkan Smart City utamanya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih mudah kepada masyarakat. Seluruh OPD di Kabupaten Magelang terus berbenah, salah satunya RSUD Muntilan yang hari ini telah melaunching aplikasi Simponi ini," ujar, Bupati Magelang, Zaenal Arifin saat melaunching aplikasi Simponi di Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (29/7/2020).

Untuk diketahui, aplikasi simponi sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak bulan Juni 2020 yang lalu. Aplikasi tersebut juga sudah melalui beberapa uji coba, serta sebagai salah satu solusi dalam memasuki kenormalan baru. Yaitu dengan memaksimalkan pemanfaatan IT. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat juga bisa mengetahui jumlah antrean di poliklinik dan jadwal praktek dokter spesialis.

"Dengan aplikasi ini, masyarakat yang ingin mendapat pelayanan kesehatan akan mendapatkan kemudahan. Dan pasti akan terlayani oleh rumah sakit. Jadi tidak perlu antre tidak perlu berdesak-desakan di rumah sakit. Tinggal login di aplikasi ini, kemudian tinggal memilih dokter apa atau siapa yang dibutuhkan," terang, Zaenal.

Menurutnya, aplikasi tersebut juga bisa menjadi salah satu standar pelayanan pendukung kesehatan mengingat di wilayah Kabupaten Magelang telah ditetapkan menjadi super prioritas pembangunan pariwisata oleh pemerintah pusat.

"Tentunya hal ini perlu kesiapsiagaan dari seluruh SDM yang ada di Kabupaten Magelang, utamanya di sektor kesehatan. Meskipun seluruh sektor juga harus siap. Karena target Bapak Presiden kunjungan wisatawan di Kabupaten Magelang harus bisa terlayani dengan baik," tuturnya.

Agar masyarakat bisa menggunakan aplikasi tersebut, maka harus menginstal terlebih dahulu aplikasi Simponi RSUD Muntilan di Play Store. Setelah itu dilanjutkan dengan membuka aplikasi tersebut. Selanjutnya klik tombol login dan memasukan nomor rekam medis atau nomor kartu periksa pada RSUD Muntilan. Selanjutnya bisa langsung memilih hari atau tanggal pemeriksaan dan memilih klinik serta dokter yang diinginkan.

Sementara, Direktur RSUD Muntilan, M Syukri menjelaskan, bahwa aplikasi Simponi tersebut sudah diuji coba sejak bulaN Juni 2020 lalu dan telah mendapatkan respon positif dari masyarakat.

"Saat ini semua klinik spesialis setiap hari sudah ada yang daftar melalui online. Kurang lebih sudah ada 20-30 pasien setiap harinya," kata, M Syukri.

Meski saat ini baru sekitar 10-15 persen dari total kunjungan rawat jalan yang mendaftar melalui aplikasi simponi, menurut M Syukri aplikasi berbasis android tersebut sudah siap digunakan dan didukung SDM IT petugas pendaftaran, serta dokter yang akan siap melayani.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar