RSUD Merah Putih Siapkan Fasilitas dan SDM Penanganan Covid-19

Dilihat 3107 kali
Plt Direktur RSUD Merah Putih, Leli Puspitowati
BERITAMAGELANG.ID - Ditunjuk sebagai rumah sakit khusus menangani Covid-19, RSUD Merah Putih hingga saat ini masih terus berbenah dan mempersiapkan segala sesuatunya termasuk peralatan dan kesiapan secara psikis bagi para tenaga medisnya.

Plt Direktur RSUD Merah Putih, Leli Puspitowati, mengatakan fasilitas kesehatan tersebut juga baru diresmikan beberapa bulan lalu, sehingga belum beroperasi secara penuh/optimal.

"Jadi kami ini mempersiapkan rumah sakit dari nol. Maka persiapan yang kami lakukan meliputi persiapan secara fisik yang sangat detail seperti ruang dan akses. Kemudian sarana pra sarana yang juga sesuai standar seperti Alat Kesehatan (Alkes) yang harus butuh penyesuaian," terang Leli Puspitowati, Senin (11/5/2020).

Menurutnya, yang tidak kalah penting adalah kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti dokter, paramedis, dan SDM non medis lainnya yang masih perlu dipersiapkan secara matang.

"Kami sudah melakukan pelatihan sebelumnya seperti simulasi dan sebagainya. Sebenarnya yang paling penting saat ini adalah kesiapan secara psikis bagi para tenaga medis terutama saat menangani pasien positif Covid-19," ujarnya.

Sedangkan untuk ruang isolasi sendiri saat ini RSUD Merah Putih telah menyiapkan sebanyak 88 bed (tempat tidur). 

"Sebenarnya kalau untuk persiapan secara reguler kami sudah siap. Tetapi kalau untuk penanganan Covid-19 ini memang harus lebih detail lagi. Selain itu alurnya juga butuh persiapan khusus," pungkas Leli.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar